Buntut Komentar Soal Adzan, Ormas GIBAS Demo Tuntut Menag Mundur Dari Jabatannya

JAKARTA (KM) – Viralnya pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang dinilai menyinggung umat Islam di Indonesia berbuntut panjang. Kali ini giliran ormas GIBAS (Gerakan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi) yang melakukan aksi damai di halaman kantor Kementrian Agama RI, Rabu 2 Maret 2022.

Dalam aksi damainya itu, ribuan anggota GIBAS menuntut Yaqut Cholil Qoumas mundur dari jabatannya sebagai Menteri Agama, dan menuntut agar Presiden Joko Widodo memecatnya.

Salah satu Ketua OKK (Organisasi Kaderisasi Keanggotaan) GIBAS Kota Bekasi mengiringi orasinya dengan mengumandangkan suara adzan untuk menyentuh hati Menteri Agama yang menurutnya “telah menyakiti hati umat muslim karena dianggap telah menyamakan suara adzan dengan suara anjing menggonggong.”

“Sungguh sangat tidak pantas menteri agama berucap seperti itu,” ucapnya dalam orasi.

Di lokasi yang sama, Ketua GIBAS Sektor Parungpanjang, Utay Sukarma yang didampingi anggotanya dalam aksi tersebut, saat diwawancarai wartawan Kupasmerdeka.com

Advertisement
menyatakan sangat mendukung aksi damai tersebut.

“Kita sangat mendukung aksi ini karena pernyataan menteri agama sangat melukai hati umat muslim, semoga ke depannya tidak terulang penistaan agama seperti ini lagi,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari GIBAS Resort DKI Jakarta, Arya Rifaldi, yang diterima oleh Humas Kementerian Agama, Ubaydillah, berkesempatan menyampaikan beberapa aspirasinya.

“Seorang menteri agama seharusnya menjaga persatuan dan kesatuan antar umat beragama, seorang menteri agama sepatutnya menyebarkan akhlakul karimah, dan seharusnya menteri agama tidak membuat kebijakan yang memecah belah umat beragama,” ungkapnya.

Aksi yang dimulai pada jam 13.00 sampai dengan jam 15.00 WIB itu berakhir dengan damai.

Reporter: Subhana Beno

Editor: Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: