Penetapan Beasiswa BPSDM Aceh Diduga Sarat Permainan

(dok. KM)
(dok. KM)

BANDA ACEH (KM) – Program “Aceh Caroeng” yang digagas oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf kembali mendapat sorotan publik. Pasalnya, program yang diharapkan untuk kemajuan Aceh dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia justru diduga menjadi ladang pihak-pihak tertentu untuk mengambil keuntungan, meskipun syarat penetapan beasiswa tidak memenui syarat yang ditentukan oleh pihak panitia penerimaan Beasiswa Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh.

Sebelumnya, BPSDM Aceh telah membuka informasi program beasiswa pada Rabu 9/10 lalu untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3 dengan tujuan penerimaan dalam negeri dan luar negeri.

Adapun panitia penerimaan membuat persyaratan dimana untuk beasiswa luar negeri harus memiliki LOA (Letter Of Acceptance) di salah satu perguruan tinggi tahun 2019. Namun, ketika diumumkan ke publik, justru yang tidak memiliki LOA yang lulus dan mendapatkan beasiswa.

Dugaan tersebut dipaparkan oleh salah satu pendaftar yang melaporkan kepada KM, yang menganggap bahwa ada “permainan” dalam penentuan penerima beasiswa tersebut.

“Yang diluluskan oleh pihak BPSDM justru salah seorang pengawai non PNS di lingkungan Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Aceh,” katanya.

“Bagaimana Aceh mau maju kalau pimpinan lembaga tersebut tidak bisa bekerja secara profesional? Mungkin masih banyak orang-orang yang selama ini dibuat seperti ini, mereka tidak berani ungkap ke publik, hari ini biar rakyat Aceh tahu boboroknya permainan di BPSDM,” tegasnya.

“Kalau seperti ini tidak ada gunanya pemerintah Aceh membuat badan khusus yang membidangi sumber daya manusia Aceh,” ungkapnya.

Dengan beredarnya informasi tersebut, wartawan KM mencoba meminta konfirmasi langsung kepada kepala BPSDM Aceh di kantornya, namun saat ingin memintai konfirmasi kepala dinas sedang tidak ada di tempat, dan belum ada keterangan resmi terkait kejadian ini dari pihak kepala BPSDM hingga berita ini diterbitkan.

Reporter: Red

Komentar Facebook

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. BPSDM Aceh Bantah Dugaan Permainan pada Seleksi Beasiswa Pemerintah Aceh – KUPAS MERDEKA
  2. Pengamat: “Carut Marut di BPSDM Aceh Bukan Cerita Baru” – KUPAS MERDEKA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*