Kemenpora Ajak Pemuda Pegiat Film Ikuti Festival Film Pendek Asian Games

Rapat yang dipimpin oleh Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI Djunaedy, dengan panitia Festival Film Pendek dari PPMI (dok. M.Ichsan/JNOL/FP)
Rapat yang dipimpin oleh Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI Djunaedy, dengan panitia Festival Film Pendek dari PPMI (dok. M.Ichsan/JNOL/FP)

JAKARTA (KM) – Rapat Koordinasi Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI dengan EO dari DPP PPMI dan Juri Festival Film Pendek dalam rangka Asian Games dan Asian Para Games 2018 digelar di Gedung Wisma Kemenpora Lt. 3, Jakarta Pusat, Kamis 19/7.

Rapat Koordinasi ini merupakan rapat lanjutan dalam menidaklanjuti proses pendaftaran Festival Film Pendek Asian Games yang telah dibuka secara online pada tanggal 3 Juli 2018.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI, Djunaedy, membahas beberapa persiapan teknis, salah satunya adalah jadwal Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi untuk bisa hadir dalam acara Awarding Festival Film Pendek Asian Games 2018 yang direncanakan semula pada tanggal 17 Agustus 2018 dimajukan menjadi tanggal 13 Agustus 2018.

“Kegiatan Festival Film Pendek ini merupakan arahan dari bapak Menpora RI kepada deputi pemberdayaan pemuda sebagai apresiasi untuk mendukung serta mensukseskan event akbar Asian Games 2018,” tutur Djunaedy.

Kegiatan Festival Film Pendek ini untuk memunculkan para sinematografis muda Indonesia yang memiliki bakat untuk menjadi sutradara dan penulis skenario tentang film sekaligus menjadi penyemangat untuk mendukung para atlet Indonesia yang akan bertanding pada Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Selain memperebutkan Piala Menpora dan mendapat piagam penghargaan, total hadiah uang senilai Rp15.000.000 akan diberikan kepada pemenang sebagai dana pembinaan. Dewan juri yang dilibatkan dalam acara ini juga merupakan figur-figur yang ahli di dunia perfilman seperti Slamet Raharjo, Arif Ray Nayohan, Salman Aristo, Budi Sumarno, serta bintang tamu artis Tya Aristya yang merupakan mantan juara Taekwondo, yang saat ini juga merupakan Duta Taekwondo Indonesia.

Festival film pendek ini juga terbuka dan dan bisa diikuti oleh para pemuda difabel.

Rencananya, sebelum awarding akan ada pemutaran film hasil karya peserta yang terbuka untuk umum, untuk memberikan pemahaman tentang dunia perfilman kepada para pemuda dan masyarakat umum secara terbuka di Gedung Teater Kemenpora RI, dalam rangka mencari nilai dan respon dari masyarakat awam tentang karya-karya terbaik para pemuda Indonesia dalam dunia perfilman.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Festival Film Pendek Mevi Amanda Sari menghimbau kepada para pemuda Indonesia untuk yang memiliki bakat dan cita-cita menjadi sutradara dan penulis skenario sudah saatnya mengambil bagian dalam acara tersebut untuk memunculkan karya-karya terbaik mereka dalam dunia perfilman Indonesia.

Adapun festival tersebut mengusung tema “Mewujudkan Revolusi Mental Atlet”.

“Pemerintah saat ini melalui Kemenpora RI sangat mendukung prestasi para atlet yang mengharumkan nama Indonesia baik di ajang nasional maupun internasional, sehingga para pemuda harusnya lebih bersemangat lagi dalam mengembangkan bakat mereka di berbagai bidang baik olahraga, sains dan lain-lain,” tutup Amanda.

Reporter: MI/Red
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*