Universitas Syiah Kuala Kirim 10 Orang dalam Delegasi KKN Kebangsaan di Lampung

Delegasi KKN Kebangsaan dan Bersama dari Universitas Syiah Kuala (dok. KM)
Delegasi KKN Kebangsaan dan Bersama dari Universitas Syiah Kuala (dok. KM)

BANDA ACEH (KM) – Tahun ini kampus “Jantong Hate Rakyat Aceh” Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali mengirimkan 10 mahasiswanya dalam delegasi untuk mengikuti KKN Kebangsaan dan Bersama PTN Wilayah Barat. Peserta delegasi tersebut diperoleh setelah melalui penyeleksian yang ketat, meliputi seleksi administrasi dan wawancara.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, karena KKN Kebangsaan dan Bersama PTN Wilayah Barat akan dilaksanakan di tempat yang sama, maka tahap seleksi yang harus dilalui pun sama dan tidak dipisah.

“KKN kebangsaan merupakan event nasional yang dilaksanakan dengan tujuan menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme di tengah keberagaman dan juga sangat bervariasi di Indonesia,” jelas salah satu dari perwakilan delegasi tersebut, Rizky Mulyadi, kepada KM kemarin 19/7.

KKN Kebangsaan dan Bersama PTN Wilayah Barat ini diikuti oleh 74 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. KKN Kebangsaan Bersama PTN Wilayah Barat akan dilaksanakan di Provinsi Lampung, dengan Universitas Lampung (Unila) sebagai tuan rumah selama satu bulan kedepan.

Ada 3 kabupaten yang akan menjadi lokasi KKN, yaitu Kabupaten Lampung Timur, Tanggamus dan Tulang Bawang Barat. Peserta KKN disebar di berbagai desa yang terdiri dari 7 orang per desa dengan setiap kelompok terdiri dari mahasiswa yang berasal dari universitas yang berbeda-beda.

KKN Kebangsaan Bersama PTN Wilayah Barat tahun ini mengangkat tema “Merajut Kebhinnekaan dalam Kesamaan dan Kebersamaan”.

“Hal ini sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia yang perlu ditingkatkan rasa patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat,” ucap Rizky.

Advertisement

Peserta yang terpilih dari Unsyiah pun berasal dari berbagai fakultas dan program studi. Rizky Mulyadi (Fakultas Hukum, S1 Ilmu Hukum), Munazir (Fakultas ekonomi, S1 Ekonomi Pembangunan), Safrina (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, S1 Pendidikan Matematika), Ramadani Nasution (Fakultas Kelautan dan Perikanan, S1 Budidaya Perairan) dan Ghina Husniyya (Fakultas Kedokteran, S1 Pendidikan Dokter) sebagai delegasi KKN Kebangsaan.

Selain itu, Qurrata A’yun (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Ika Dhian Lestari (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, S1 Pendidikan Matematika), Lucy Anna (Fakultas Kelautan dan Perikanan, S1 Budidaya Perairan), Ana Masykurah (Fakultas Ekonomi, S1 Ekonomi Islam) dan Fathimatul Izzah Fajriyanie Aritonang (Fakultas Kedokteran Hewan, S1 Pendidikan Dokter Hewan).

Prof. Tongku Nizwan Siregar selaku ketua P3KKN Unsyiah akan berangkat ke Bandar Lampung pada Minggu, 22 Juli 2018. Setelah acara pembukaan pada tanggal 23 juli 2018 mendatang, mereka nantinya akan mengikuti pembekalan bersama dengan delegasi universitas lainnya selama 2 hari, yaitu tanggal 24-25 Juli 2018.

“Hal ini tentu mendorong mahasiswa untuk berpikir kreatif, kritis dan inovatif serta dapat mengharumkan almamater Unsyiah melalui kegiatan KKN Kebangsaan bersama PTN Wilayah Barat dapat bertugas dengan baik dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat demi terwujudnya Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tutupnya.

Reporter: Ariandy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: