Fadli Zon: Keputusan DPR Tentang Perppu Ormas “Wajib Selesai” Hari Ini

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (dok. KM) Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Wakil ketua DPR Fadli Zon mengatakan bahwa rapat paripurna hari ini akan menentukan apakah Perppu No. 2 Tahun 2017 (Perppu Ormas) akan diterima atau ditolak oleh DPR.

“Tentu nanti kita akan lihat dari laporan Komisi II dan dari pengambilan sikap oleh fraksi-fraksi pada paripurna pagi hari ini, yang akan menjadi agenda ketiga, setelah ada agenda kesatu dan kedua nanti,” ujar Fadli sebelum memasuki Sidang Paripurna, Selasa 24/10 di Gedung Nusantara 2 Senayan, Jakarta.

Sementara itu Fadli menegaskan kembali sikap fraksinya, yaitu Fraksi Partai Gerindra, yang bersikukuh menolak Perppu tersebut. “Kalau kita ya tidak ada masalah, sikap kita konsisten. Kalau kita menolak Perppu ini, menolak sendirian pun tidak ada masalah,” sambungnya.

“Ini kan prinsip menyangkut masalah hak untuk berserikat dan berkumpul yang diatur oleh UUD yang saya kira dijamin oleh UUD kita, tidak boleh hak ini direduksi,” tambahnya.

“Apalahi persoalan pembubarannya itu tidak melalui suatu proses peradilan, tapi karena subjektifisme pemerintah,” tandasnya.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini, pengadilan lah tempat menguji apa yang di tuduhkan ormas itu anti Pancasila atau tidak.

“Dan saya kira nanti kalau ini diberlakukan, memang sudah berlaku, akan ada satu sikap yang lebih represif di pemerintah terhadap ormas-ormas yang ada, yang mungkin dianggap kritis dan sebagainya,” sambungnya.

Namun ia juga menegaskan bahwa keputusan DPR terkait Perppu Ormas itu “wajib selesai” hari ini. “Selesai, wajib selesai, karena waktu untuk melakukan pengambilan keputusan ya tinggal hari ini, sesuai dengan yang sudah dijadwalkan,” pungkasnya.

Reporter: Indra Falmigo
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*