Pendamping Desa Gelar Sosialisasi di Bojonggede

BOJONGGEDE, BOGOR (KM) – Forum pendamping desa Kabupaten Bogor didampingi Tenaga Ahli program Kementerian Desa dan PDT bekerjasama dengan Kecamatan Bojonggede dan Paguyuban Desa dalam menggelar sosialisasi pengelolaan Dana Desa yang berlangsung di aula Kecamatan Bojonggede, Kamis (2/6).

Kegiatan yang dihadiri oleh 9 kades didampingi oleh Sekretaris Desa se-Kecamatan Bojonggede digelar untuk mensosialisasikan pengelolaan dana desa dan tugas pendamping desa yang ada di setiap Kecamatan.

Menurut Ketua Forum Pendamping Desa Iman Taufik, kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan perdana sosialisasi ini yang difasilitasi oleh pihak Kecamatan.

Sementara itu Ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Bojonggede, Abdul Aziz Anwar mengaku, secara pribadi dirinya meminta diadakannya team pendamping desa dari tingkat Kabupaten Bogor.

“Hingga saat ini, pendamping desa masih dari tingkat kecamatan,” ucapnya kepada KupasMerdeka.com kemarin.

Aziz mengatakan, hal itu dilakukan guna mempermudah serta menjadi kontrol penggunaan anggaran daerah maupun pusat yang diselenggarakan tiap-tiap kepala desa se-Kecamatan Bojonggede.

“Semoga team pendamping desa dapat menjadi jembatan penghubung apabila pemdes membutuhkan bantuan anggaran dan hal lainnya, terutama dalam segi pengontrolan anggaran,” paparnya.

Sehingga, sambung Aziz, team tersebut “menjadi mitra para kades agar anggaran tepat sasaran.”

Advertisement

“Team ini juga membantu kami mengoptimalkan ke masyarakat untuk memberikan informasi dalam penggunaan anggaran regulasi, sehingga tak ada simpangsiur, dan juga tak ada pemikiran negatif kepada pemdes,” lanjutnya.

Selain itu, Aziz menjelaskan, Pemerintah Desa saat ini “merupakan potensi dan pemberdayaan masyarakat.”

“Karena itu saya meminta diadakannya team pendamping ini,” jelasnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar Kabupaten Bogor, Anjas Andikha Barus mengatakan, pendamping desa sendiri untuk menguatkan komunikasi dengan para kepala desa dan khususnya masyarakat, dalam mengetahui informasi penggunaan anggaran.

“Saya berharap agar kerja sama ini dapat berperan aktif dalam ilmu pembangunan dan informasi,” terangnya.

Anjas menegaskan, peran serta masyarakat juga harus ditingkatkan dalam mendampingi setiap desa untuk pembangunan yang ada di wilayah masing-masing.

“Saat ini kami telah mengirimkam dua anggota pendamping desa untuk wilayah Kecamatan Bojonggede,” katanya.

Anjas menjelaskan, 2017 mendatang tiap desa se-Kecamatan Bojonggede akan didampingi pendamping desa.

“Tiap desa didampingi satu pendamping desa,” tukasnya. (Farid)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*