BPMPD Kabupaten Bogor Sosialisasikan Pembangunan Desa

BPMPD Kabupaten Bogor (stock)
BPMPD Kabupaten Bogor (stock)

BOGOR (KM) – Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor mensosialisasikan tata cara pembangunan desa di 39 kecamatan guna meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah kecamatan dan pemerintah desa, Pengelolaan Keuangan Desa serta Pengadaan Barang dan Jasa.

Kepala bidang kekayaan desa Tika Siti Jatnika, menjelaskan “Dititik beratkan terhadap informasi dari pemerintah kabupaten Bogor tentang mekanisme pelaksanaan pembangunan di desa, bagaimana mereka mengadministrasikan yang terkait ADD, DD, dan pengelolaan keuangannya,” ujarnya di ruangan kerja kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Menurut Tika, setiap  kepala desa akan diminta pertanggungjawaban atas dana yang diterima, baik dari pemerintah pusat maupun dana transfer APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Bogor.

“Pengawasan pengendalian diserahkan ke kecamatan 4 kali melakukan evaluasi dalam setahun, BPMPD Kabupaten satu tahun dua kali, ditambah dengan inspektorat setahun sekali,” terangnya.

Lanjut Tika, pemahaman dari setiap desa berbeda, dengan adanya sosialisasi tersebut memberikan banyak ilmu kepada para aparatur pemerintah kecamatan dan pemerintah desa.

“Dalam sisi mekanisme masih ada beberapa desa yang terlambat melengkapi persyaratan, kalo sekarang cukup dengan rekening tabungan, permohonan pertanggungjawabkan kepala desa dan kelengkapan SPJ tahap sebelumnya dari desa,” ungkapnya. (Tengku Yusrizal)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*