Ribuan Surat Suara Pemilu 2024 Rusak di KPU Sidoarjo

Penyortiran surat suara Pemilu di KPU Sidoarjo, Rabu (3//1/2024)

SIDOARJO (KM) –  Puluhan petugas dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Jalan Erlangga, Celep Sidoarjo, Rabu (3/1/2024).  Ketua KPU Sidoarjo, M Iskak, mengatakan hasil dari penyortiran dan pelipatan ditemukan ribuan surat suara rusak. Ada surat suara yang berlubang, lubangnya kecil-kecil. Ada juga yang terkena bercak warna.

 

“Ada 3.000 surat suara yang masuk dalam kategori rusak,” kata M Iskak saat ditemui di gudang logistik KPU Sidoarjo.

 

Usai ditemukan adanya kerusakan surat suara, KPU Sidoarjo langsung menjalin komunikasi dengan KPU Provinsi Jatim. Kemudian juga pada perusahaan percetakan surat suara tersebut. Harapannya, kejadian kerusakan surat suara ini tidak kembali terjadi.

 

“Jadi kekurangan surat suara yang rusak ini pasti akan diganti. Dan yang ditemukan rusak akan kami musnahkan di akhir pencoblosan, bersama-sama dengan sisa surat suara. Jika misalkan ada sisa surat suara,” ungkapnya.

 

M Iskak mengatakan, untuk hari ini dilakukan proses penyortiran dan pelipatan terhadap surat suara calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Untuk surat suara calon DPR RI sudah selesai semuanya.

 

“Kalau surat suara calon DPRD Jatim Dapil Sidoarjo tinggal dua kardus yang belum selesai,” ujarnya.

 

KPU Sidoarjo masih belum melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara calon presiden dan calon wakil presiden. Rencananya, besok lusa Jum’at (5/1) baru akan dimulai. Termasuk surat suara calon DPRD Sidoarjo.

 

Insyaallah lusa akan kita mulai sortir dan pelipatan surat suara Capres-Cawapres. Kalau sampai hari ini tidak ada kendala. Tapi nanti akan dilakukan pengecekan kembali surat suara calon DPRD Sidoarjo. karena ada enam dapil, kami ingin pastikan tidak ada yang tertukar,” imbuhnya.

 

Iskak menargetkan proses penyortiran dan pelipatan semua surat suara dalam Pemilu 2024 akan selesai dalam satu minggu kedepan. Ia juga memastikan tidak ada perlakuan khusus untuk surat suara Capres- Cawapres.

 

“Semua menggunakan standar yang sama, tidak ada perlakuan khusus. Insyaallah dalam satu minggu sudah selesai,” pungkasnya.

 

Reporter: AHF

Editor: red

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*