Honor Naik Rp1,2 Juta, KPPS Juga Dapat Uang Pulsa

BOGOR (KM) – Komisi pemilihan umum (KPU) resmi menaikkan gaji petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari yang semula pada tahun 2019 lalu sebesar Rp.550,000,- saat ini naik menjadi Rp.1.200,000,-.

“Berkat dukungan pemerintah, kita bisa menaikkan sehingga honor ketua KPPS menjadi Rp1,2 juta dan anggota kpps Rp1,1 juta,” kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan, Pelatihan dan Penelitian Pengembangan KPU RI Parsadaan Harahap di Jakarta, Senin (11/12), seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan pulsa untuk kebutuhan anggota KPPS dalam pemakaian telepon seluler sebagai alat komunikasi.

“Kita lagi desain supaya pulsanya bisa dipakai pada hari H dengan kuota yang cocok untuk kepentingan tugas,” katanya.

Parsadaan juga berharap dengan adanya uang kehormatan serta dukungan dana pulsa ini bisa membantu KPPS agar bisa melaksanakan tugasnya dengan baik tanpa dibebani teknis anggaran.

Selain itu, KPPS Pemilu 2024 yang telah dilantik akan mengikuti Bimtek. Bimtek KPPS bertujuan untuk memberikan edukasi dan pelatihan mengenai proses pemungutan dan penghitungan suara.

Materi Bimtek meliputi proses persiapan TPS, pencoblosan, penghitungan suara, dan bagaimana menangani kasus-kasus yang mungkin terjadi selama pemilu.

Bimtek tersebut akan mencakup materi yang penting bagi kerja- kerja KPPS, dari persiapan hingga penghitungan suara, serta simulasi di lapangan.

Materi ini dirancang untuk memastikan semua anggota KPPS memahami tugas dan tanggung jawab mereka secara menyeluruh.

Reporter: Bayu

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*