Edan euy! Pakaian Dinas DPRD Kab. Bogor Rp 1,4 Miliar

Koordinator investigasi CBA, Jajang Nurjaman (dok. KM)
Koordinator investigasi CBA, Jajang Nurjaman (dok. KM)

Kolom oleh Jajang Nurjaman*)

Tahun 2024 ini, warga Kabupaten Bogor akan melihat anggota DPRD-nya lebih ngejreng. Karena semua anggota DPRD akan memiliki pakaian dinas baru yang mahal dan bonafit.

Berdasarkan pantauan Center for Budget Analysis (CBA), Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor pada bulan Januari 2024 memiliki 3 paket pengadaan pakaian dinas.

Pertama, belanja pakaian dinas dan atribut pimpinan dan anggota. Untuk pengadaan ini pagu yang disiapkan sebesar Rp. 1.103.478.750.

Dengan anggaran Rp 1 miliar lebih ini, pimpinan dan anggota DPRD akan mendapatkan seragam baru berupa; Pakaian Sipil Resmi, Pakaian Sipil Harian, Pakaian Sipil Lengkap, Pakaian Dinas Harian Lengan Panjang, ditambah Atribut.

Kedua, belanja pakaian DPRD yang bercirikan khas daerah. Pagu anggaran yang disiapkan sebesar Rp. 165.000.000.
Uang ratusan juta ini, semua anggota DPRD akan memiliki pakaian khas daerah dengan; Beskap lengan panjang pakai puring.

Ketiga, belanja pakaian DPRD yang bercirikan khas daerah titipan. Pagu anggaran yang disiapkan sebesar Rp. 202.500.000.

Total anggaran untuk tiga pengadaan pakaian dinas DPRD Kabupaten Bogor, tahun 2024 sebesar Rp. 1.471.978.750. Dengan 55 jumlah anggota DPRD, rata-rata biaya untuk setiap anggotanya sebesar Rp. 26.744.159.

Menurut CBA, biaya pakaian dinas DPRD Kabupaten Bogor yang mencapai miliaran rupiah ini terlalu boros dan berlebihan. Sebaiknya Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor mengevaluasi belanja pakaian dinas tersebut. Bahkan akan lebih bijak jika membatalkan pengadaan yang mubazir ini.

*)  Koordinator CBA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*