Gelar Aksi Bagikan Leaflet, Mahasiswa IAIN Laa Roiba Ajak Masyarakat Sadari Penurunan Kondisi Demokrasi

Aksi Membagikan Leaflet Oleh Mahasiswa IAI N Laa Roiba

BOGOR (KM) – Sejumlah mahasiswa Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba Bogor (IAI N Laa Roiba), membagikan selebaran kepada masyarakat yang melintas di Jalan Raya Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Kamis (11/1/2024).

Koordinator mahasiswa, Alwi Dahlan menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan aksi peringatan demokrasi Mahasiswa IAI N Laa Roiba.

“Biasanya aksi peringatan demokrasi dilakukan dengan menggelar diskusi terbuka dan kreativitas lainnya. Kali ini, hanya membagikan Leaflet yang berisi kajian potensi adanya kemunduran demokrasi Indonesia,” ujarnya.

Isu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) juga disuarakan para mahasiswa itu. Pada kesempatan itu Alwi Dahlan juga mengajak masyarakat agar sadar akan kondisi demokrasi Indonesia dan HAM saat ini.

“Melihat pada perkembangan demokrasi saat ini cenderung menurun, hal itu dibuktikan dalam indeks demokrasi Indonesia sejak 2021. Salah satunya kebebasan sipil,” kata Alwi Dahlan.

Kemudian, lanjut Alwi, dalam pemilu kali ini, sistem demokrasi Indonesia, masyarakat disuguhi putusan MK yang cenderung sangat politis.

“Saya kira semua masyarakat juga mengerti dan tahu apa yang terjadi sehingga ini menjadi catatan bagi demokrasi kita,” ucapnya.

Kemudian terkait peristiwa pelanggaran HAM, Presiden Jokowi pada awal tahun 2023 menyebut ada 12 pelanggaran berat yang terjadi.

Termasuk di dalamnya kasus 1965, peristiwa penembakan misterius 1982 dan rangkaian kejadian 1998, sehingga itu perlu diselesaikan. “Pada catatan itu, kita mendorong terus dan langkah upaya konkret dari pemerintah untuk menuntaskannya,” terang Alwi.

Selain itu, ia juga mengharapkan masyarakat mengetahui dan sadar atas kondisi demokrasi dan peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi.

“Ya, intinya kita merefleksikan kembali dan mengingatkan masyarakat atas peristiwa dan kondisi demokrasi hari ini,” ujarnya.

Reporter : Sari W

Editor : Redaksi

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*