SOBI UI Gandeng S3I dan KMCA BKC Tanam 100 Pohon di Bantaran Kali Ciliwung

Suasana penanaman pohon di bantaran Kali Ciliwung, Depok (28/12).

DEPOK (KM) – Sejumlah Mahasiswa UI yang tergabung dalam Sobat Bumi Universitas Indonesia (SOBI UI) berkolaborasi dengan Badan Pengurus Harian Sahabat Siap Selamat Indonesia (BPH S3I) dan Komunitas Mata Air Cipucuk Ampel Bantaran Kali CIliwung (KMCA BKC) melakukan aksi penanaman 100 pohon di bantaran kali Ciliwung, Kampung Parung Serab, Kelurahan Tirtajaya, Kota Depok, Kamis (28/12/2023).

Penanaman pohon tersebut merupakan bentuk aksi nyata mitigasi bencana untuk mengurangi emisi, menyediakan oksigen, dan menanggulangi risiko longsor di bantaran kali.

Stefani, Mahasiswa FEB UI, dalam pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa pihaknya bisa berkumpul dalam kegiatan tersebut untuk mengaktualisasikan Aksi Sobat Bumi 2 di mata air Cipucuk Ampel, kali Ciliwung.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar, serta mampu menanggulangi masalah lingkungan,” ujarnya.

Dalam aksinya tersebut, SOBI UI juga menggandeng masyarakat sekitar untuk turut melestarikan mata air Cipucuk, Ciliwung dengan menanam 100 pohon yang terdiri dari Ketapang, Kencana dan Tabebuya.

Dalam kesempatan itu, Fajar selaku pembina KMCA BKC, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas inisiatif gerakan dari SOBI UI.

“Ini yang tersisa dari Kampung Parung Serab yang sebelumnya wilayah hutan bambu yang luas sebelum terdesak perumahan,” ungkapnya.

Fajar menerangkan, bahwa wilayah mata air Cipucuk merupakan wilayah GSS (Garis Sempadan Sungai) dan Palung atau bantaran kali Ciliwung sepanjang kurang lebih 2000 meter yang ada di Kampung Parung Serab.

“Bantaran kali ini hampir saja menjadi tumpukan sampah sebelum dibersihkan oleh warga dan komunitas,” tambah Dede selaku Sekretaris KMCA BKC.

Pernyataan dukungan juga disampaikan Reza dari relawan S3I. Menurutnya, perkumpulan S3I sebagai relawan mitigasi bencana Kota Depok sangat bersyukur yang dalam kesempatan ini bisa berkolaborasi dengan dunia kampus, yaitu teman-teman mahasiswa, serta warga dan komunitas untuk melakukan aksi penanaman pohon.

“Kita bukan sekedar menanam pohon, tapi juga menanam harapan bahwa bumi akan tetap aman, nyaman, dan lestari. Karena ada generasi muda yang peduli pada lingkungan,” pungkas Reza.

Reporter : Sudrajat
Editor : Redaksi

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*