Survei LSI: Elektabilitas Prabowo Kembali ke Peringkat Pertama

JAKARTA (KM) – Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap survei elektabilitas calon presiden 2024 terbaru di mana Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menempati posisi puncak dengan perolehan 30,3%.

Dalam simulasi tiga nama capres, Prabowo, yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, unggul dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 26,9% dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang meraih 25,3%.

“Untuk pertama kalinya sejak setahun terakhir, Prabowo Subianto kembali jadi nomor satu,” ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, dalam pemaparan hasil survei, Minggu (9/4).

Djayadi mengatakan bahwa ketiga nama ini kini masih bersaing dalam bursa elektabilitas capres. Namun, dalam survei terbaru ini, tingkat elektabilitas Ganjar telah mengalami penurunan yang signifikan.

Pada Februari, elektabilitas Ganjar berada di angka 35%, namun pada April anjlok sebesar 8%.

“Yang menarik ini adalah tren penurunan yang cukup signifikan dari Ganjar Pranowo. Sementara Prabowo dan Anies cenderung mengalami penguatan dan cenderung stabil,” kata Djayadi.

Survei LSI ini dilakukan pada 31 Maret-4 April 2023. Responden survei adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon atau ponsel, sekitar 83% dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.229 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Reporter: HSMY

Editor: redaksi

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*