Pemdes Rengasjajar Fokuskan Alokasi Dana Samisade Untuk Pembangunan Turap

BOGOR (KM) – Pemerintah Desa Rengasjajar mulai melaksanakan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di aliran sungai Cisuda di Kampung Lebakwangi, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor dari anggaran Satu Miliar Satu Desa (SAMISADE) pada Jumat (4/11).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Cigudeg, Sekdes Rengasjajar, Kapolsek Cigudeg, Koramil Cigudeg, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas Desa Rengasjajar.

Sekertaris Desa Rengasjajar, Hapidin yang kerap disapa Boy, mengutarakan bahwa penggunaan anggaran Samisade di desa Rengasjajar di prioritaskan untuk pembangunan TPT atau Turap.

“Kami prioritaskan untuk pembangunan TPT atau Turap untuk mencegah terjadinya kembali longsor dan banjir di kala hujan, setidaknya meminimalisir air yang meluap ke pemukiman warga,” ucap Boy.

“Dana Samisade ini juga bukan hanya membangun satu dua titik saja, tapi kami juga akan membangun di beberapa titik di beberapa kampung yang ada di desa Rengasjajar sesuai Rancangan Anggaran Biaya (RAB),” tambahnya.

Saat disinggung langkah dan sikap desa Rengasjajar mengenai pencemaran kali Cisuda yang sering terjadi akibat imbas penambangan batu (galian C) di hulu kali, Boy menjawab dengan tegas bahwa pengelola harus bertanggung jawab dengan cara menormalisasi aliran kali Cisuda.

“Dalam menanggapi pencemaran aliran sungai Cisuda, pemerintah desa Rengasjajar mengambil sikap tegas untuk para pengelola tambang tipe c yang ada di hulu sungai untuk melakukan normalisasi sungai, tapi itu kan dulu, sekarang pertambangannya juga sudah tutup dan tidak beroperasi, jadi tidak ada lagi pencemaran yang terjadi di aliran sungai Cisuda,” tutup Boy.

Reporter : Red
Editor : Sudrajat

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: