Kementerian Perhubungan Danai Penataan Kawasan Stasiun Batu Tulis

Pembangunan kawasan batu tulis

KOTA BOGOR (KM) – Kementerian Perhubungan gelontorkan anggaran Rp 74 Miliar untuk penataan kawasan stasiun Batu Tulis serta pembangunan under pass, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor pada akhir November tahun ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Wilayah Jawa Bagian Barat, Erni Basri pada Jumat (18/11).

Menurut Erni, dalam progresnya nanti itu pengerjaan satu paket yakni pembangunan jalur perlintasan langsung (JPL.10) dan penataan Stasiun Batu Tulis.

“Untuk pembangunan under pass yang melintasi jalur ganda Bogor-Sukabumi ini akan dibangun di Jalan Batakal, sekitar 100 meter dari perlintasan tidak sebidang yang ada saat ini. Jadi under pass itu digeser ke arah Jalan Batakal, lalu memutar lagi ke arah jalur semula atau Jalan Saleh Danasasmita dan pada saat pengerjaan tidak akan mengganggu lalu lintas,” paparnya.

Adapun keberadaan under pass ini, lanjutnya, untuk mengatasi kemacetan akibat adanya perlintasan sebidang rel KA di Jalan Saleh Danasasmita.

Selain pembangunan under pass, kawasan Batu Tulis juga akan ditata untuk kenyamanan calon penumpang kereta api Bogor-Sukabumi. Desain penataan dengan perpaduan gaya modern dan heritage, untuk memberi kesan cantik dan mewah.

“Penataan kawasan Stasiun Batu Tulis meliputi area parkir, penambahan ruang tunggu serta akses keluar masuk penumpang, jalur penyeberangan orang, dan renovasi bangunan heritage, dimana tempat pertama kali Kepala Stasiun Batu Tulis berkantor,” lanjutnya.

“Ada beberapa penambahan bangunan dan renovasi. Rencananya bangunan heritage (bekas kantor kepala stasiun) akan diperbaiki tapi dijadikan semacam kafe khusus calon penumpang,” sambungnya.

Ia mmengatakan pekerjaan under pass dan penataan Stasiun Batu Tulis ditargetkan bisa rampung pada November 2023 mendatang.

“Pekerjaannya selama satu tahun, dan pemenang lelang saat ini sudah teken kontrak. Saat ini sedang persiapan,” tutupnya.

Rep: Ki Medi

Editor: Red1

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: