Dinas Lingkungan Hidup UPT V Parung Lakukan Operasi Bersih Sampah dari Para Pembuang Sampah Tidak Bertanggung Jawab

Sampah liar di trotoar dibersihkan Dishub UPT V Parung

BOGOR (KM) – Bidang Pengelolaan Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor merespon cepat laporan masyarakat terkait adanya sampah liar di sepanjang trotoar jalur  jalan Kemang sampai Parung, dan melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) V Parung langsung melakukan operasi bersih di jalur tersebut.

Sebanyak dua unit armada dumptruk dan compactor dikerahkan untuk melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah liar . Kegiatan Operasi bersih ini dilakukan mengingat sampah liar tersebut sangat mengganggu dan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga dikeluhkan oleh masyarakat yang melintas.

Diharapkan setelah dilakukan Operasi Bersih masyarakat setempat dapat berpartisipasi dalam menjaga dan mengawasi jalur tersebut agar tidak ada lagi para pembuang sampah liar yang memanfaatkan situasi di jalur itu dengan membuang sampah secara ilegal.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor sangat mengharapkan peran aktif dari masyarakat serta perangkat daerah baik kecamatan atau desa/ kelurahan untuk bersama-sama melakukan pengawasan dan penindakan terhadap para pembuang sampah liar supaya tidak ada lagi sampah liar yang menggangu keindahan dan ketertiban umum.

UPT V Parung sudah melakukan patroli kebersihan dalam upaya mencegah timbulnya sampah-sampah liar di titik rawan sampah liar namun karena keterbatasan dalam pengawasan sehingga masih ada saja sampah liar yang memanfaatkan kelengahan pengawasan tersebut.

“Dengan adanya pengawasan secara bersama-sama masyarakat diyakini dapat meminimalisir timbulnya sampah liar karena urusan sampah adalah tanggung jawab kita semua dan memerlukan kesadaran yang tinggi untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat,” kata petugas lapangan A.

Setelah diadakan operasi bersih yang dilakukan oleh semua Unit Pelayanan Teknis (UPT) pengelolaan persampahan diharapkan tidak hanya melakukan pembersihan saja namun sangat diperlukan solusi dan edukasi pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sehingga tercipta kebersihan yang berkesinambungan.

Rep : Zefferi

Editor: Red1

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: