Akibat Tanggul Jebol, Beberapa Kawasan di Klaten Selatan Terendam Banjir

Upaya bantu warga terdampak banir dengan perahu karet di Klaten, Rabu (16/11/2022)

KLATEN (KM) – Hujan deras dengan intensitas tinggi yang melanda Klaten selatan kemarin sore telah menyebabkan sejumlah kawasan tergenang banjir dan longsor. Berdasarkan informasi BPBD Klaten, hujan deras sejak Selasa (15/11/2022) sore, telah menyebabkan ambrolnya tanggul sungai di Desa Ngandong, Kecamatan Gantiwarno, Klaten.

‘’Akibat tanggul longsor, 1 KK mengalami rumah retak dan 3 KK lainnya dalam posisi siap siaga. Relawan Desa Ngandong sedang melakukan upaya siap siaga, di sekitar lokasi,’’ ujar Sekretaris BPPB Klaten, Nur Tjahjono, Selasa (15/11/2022).

Sementara itu, beberapa dukuh di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat juga terendam air, Selama malam. Akibatnya, sekitar 40 KK dievakuasi ke Balaidesa Krakitan.

‘’Sebanyak 40 KK warga Dukuh Duwet, Desa Krakitan terpaksa dievakuasi ke Balai Desa Krakitan. Evakuasi dilakukan dengan perahu karet,’’ kata Nur Tjahjono.

Sementara itu, Kades Krakitan Nurdin mengatakan, evakuasi warga terdampak banjir sudah dilakukan, namun hanya beberapa warga yang bertahan di Balai Desa Krakitan.

“Menjelang tengah malam evakuasi sudah selesai. Cuma beberapa orang saja, dan sebagian sudah banyak pulang ke rumah masing-masing,’’ ujar Nurdin, Rabu (16/11/2022).

Sementara itu, genangan juga terjadi di Dukuh Mbugel, Desa Krakitan, tepatnya di sebelah utara Rowo Jombor. Di sejumlah desa di Bayat juga dilaporkan terjadi genangan akibat curah hujan tinggi. Di Kawasan alun-alun Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Klaten juga terendam air sehingga tak bisa dilalui kendaraan terutama sepeda motor.

Selain merendam perkampungan warga, beberapa gedung sekolahan dan Polsek Bayat juga terdampak luapan banjir.

“Sekitar jam 17.00 air sudah mulai masuk kehalaman Polsek, puncaknya terjadi sekitar sekitar pukul 20.00 air mulai menggenangi hingga masuk kedalam ruangan kantor Polsek.Banjir ini karena curah hujan yang tinggi dan saluran drainase yang kurang memadai. Disamping itu karena posisi Polsek sendiri berada dibawah bahu jalan,” ungkap Kapolsek Bayat, AKP Dyatno, Rabu ( 16/11/2022 ).

Rep: Arifin

Editor: Red1

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: