Samisade Cair, Pemdes Sukakarya Megamendung Prioritaskan Bangun TPT

BOGOR (KM) – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukakarya, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor merealisasikan bantuan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) untuk pembangunan tembok penahan tanah (TPT).

Kepala Desa Sukakarya, Hasan Sukandi, dalam keterangannya mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur TPT bersumber dari dana stimulus Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor tahun 2022, dan tersebar di 5 titik dengan volume 30 x 5 m2, dan lokasi kegiatan meliputi RT 01/RW 03, RT 03/RW 01, RT 02/RW 02, RT 02/RW 04, dan RT 03/RW 05.

“Program Samisade tahun ini kami prioritaskan untuk membangun TPT, dan pembangunan TPT ini cukup adil karena merata di lima titik lokasi kegiatan, se-Desa Sukakarya,” kata kades kepada awak media di lokasi kegiatan, Sabtu 29/10.

Menurut Kades, alasan pembangunan TPT menjadi prioritas utama daripada infrastruktur lainnya lantaran di lima lokasi tersebut merupakan kawasan rawan longsor. Terlebih, kata dia, di masa penghujung akhir tahun ini kawasan Puncak dan sekitarnya intensitas hujan menjadi cukup tinggi mengguyur wilayah ini.

“Inilah alasan utama kami memprioritaskan pengerjaan TPT di banding infrastruktur lain. Artinya antisipasi jangan sampai ada korban jiwa,” terang kades.

Hasan pun menambahkan, pihaknya optimis pada pertengahan bulan November 2022 ini program Samisade di desanya akan tuntas 100 persen. Terlebih, lanjut dia, skema pencairan Samisade kali ini dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap satu 60 persen dan tahap dua 40 persen sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Bogor Nomor 69 tahun 2022.

“Dengan regulasi baru ini dipastikan akan mempercepat pengerjaan, di mana tahun ini terdapat perubahan skema pencairan Samisade lebih besar dari tahun lalu,” jelasnya.

Hasan menambahkan, bahwa program bantuan keuangan Samisade yang belum lama diluncurkan ini, bagian dari pemulihan ekonomi pasca pandemi dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai pekerja.

“Pengerjaannya dilakukan masyarakat lewat program padat karya. Dengan demikian, dipastikan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat,” pungkasnya.

Sebelumnya, pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan, resmi me-launching program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) dengan anggaran senilai Rp395 miliar untuk 415 desa dari 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Reporter : Gatot

Editor : Sudrajat

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*