Korlantas Polri Luncurkan Operasi Zebra 2022, Kerahkan Lebih dari 3.000 Personil

JAKARTA (KM) – Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi, memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Jaya Tahun 2022 di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (3/10).

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Jaya Tahun 2022 turut dihadiri oleh Wakapolda Metro Jaya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Kasdam Jaya, Kasgartap I /Jakarta, Danpom TNI AL dan AD, Dirut PT. Jasa Raharja, Dirut PT. Jasa Marga, PJU, Polda Metro Jaya dan Kapolres beserta jajaran.

Dalam sambutannya, Irjen Pol Firman Santyabudi menyampaikan bahwa cerminan dari kemajuan budaya suatu bangsa dapat dilihat dari berlalu lintasnya, karena dari berlalu lintas kita dapat melihat tertib, disiplin dan ketaatan suatu masyarakat.

“Mulai tertibnya berkendara, taat membayar pajak, serta disiplin berkendara dalam berlalu lintas,” ujarnya.

Menurutnya, kemacetan dan kecelakaan menjadi sebuah permasalahan utama dalam berlalu lintas, apalagi jika sampai merenggut nyawa seseorang.

“Salah satu dari penyebab utama kecelakaan berlalu lintas adalah karena rendahnya kesadaran dalam berlalu lintas terutama pada kasus pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengemudi,” tutur Firman.

Firman mengungkapkan, jumlah laka lantas tahun 2022 yang tercatat sampai dengan bulan Agustus sebanyak 6.707 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 452 orang, luka berat sebanyak 972 orang dan luka ringan sebanyak 6.704 orang, dengan kerugian materil mencapai Rp13.451.150.000.

“Tentunya hal ini perlu kita cermati bersama dalam rangka evaluasi untuk mengurangi angka kecelakaan tersebut. Kunci utama yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan kesadaran berlalu lintas yang baik di masyarakat,” terangnya.

Pelaksanaan Operasi Zebra Jaya tahun 2022 melibatkan 3.070 personel yang terdiri dari 1.381 personel satgasda dan 1.689 satgasres, pelaksanaan selama 14 hari yaitu pada tanggal 3 -16 oktober 2022.

“Melalui kerjasama lintas sektoral yang telah terbangun selama ini, saya memiliki keyakinan bahwa operasi Zebra Jaya tahun 2022 akan mampu mencapai target yang diharapkan,” ucapnya.

Terkait agenda tersebut, Kakorlantas Polri memberikan beberapa penekanan kepada anggota yang terlibat dalam operasi zebra jaya 2022 yaitu melaksanakan tugas operasi secara persuasif, humanis, dan simpatik dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab, menjaga keselamatan diri pribadi dalam melaksanakan tugas.

“Selanjutnya tetap waspada dan terapkan buddy system, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai ladang amal ibadah dan ikhtiar kita kepada tuhan yang maha esa,” tutup Firman.

Reporter: Jay

Editor : Sudrajat

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: