Relawan dan Komunitas Peduli Lingkungan Lakukan Aksi Susur Sungai Cipunten Agung

PANDEGLANG (KM) – Relawan peduli lingkungan dari Komunitas Rehabilitasi Foundation, World Cleanup Day (WCD) Banten, Kumpulan Mahasiswa Pandeglang (Kumandang) Banten, UIN Serang dan mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) STAISMAN se-Kecamatan Labuan Provinsi Banten bersama-sama melakukan aksi susur sungai Cipunten Agung, Sabtu 30/7 lalu.

Aksi tersebut dilakukan sebagai cara untuk memperingati Hari Sungai Nasional yang diperingati pada tanggal 27 Juli setiap tahunnya.

Fikri selaku CEO Rehabilitasi Foundation mengatakan bahwa aksi susur sungai tersebut bertujuan untuk mengampanyekan kepada masyarakat agar lebih peduli lingkungan, terutama dalam hal kualitas air sungai.

Menurutnya, berdasarkan data yang ia peroleh, faktor pencemar terbesar air sungai adalah limbah domestik rumah tangga.

“Hari ini kita lakukan aksi bersih sungai dengan kekuatan sekitar 85 orang, menggunakan 1 Speed Boat untuk yang di air, lalu juga ada teman-teman atau relawan yang berkegiatan di bantaran sungai di beberapa titik,” ujar Fikri saat diwawancarai Kupasmerdeka.com

Advertisement
Selasa 2/8.

Hal senada juga disampaikan oleh Ridho Hakiki dari WCD Banten yang berharap dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat berimplikasi pada berubahnya mindset masyarakat agar menjadi lebih peduli terhadap lingkungannya.

“Jadi kami itu menggerakkan masyarakat melalui komunitas dengan harapan komunitas sebagai fasilitator masyarakat, sehingga masyarakat berubah mindsetnya menjadi lebih peduli kepada lingkungan, dan hasilnya terlihat jika kualitas air sungai Cipunten Agung membaik,” ungkap Ridho.

“Melalui gerakan-gerakan peduli sungai seperti ini, diharapkan limbah domestik rumah tangga yang masuk ke sungai akan bisa terkurangi, karena masyarakat juga akan semakin teredukasi akan pentingnya sungai yang bersih,” pungkasnya.

Reporter : Nabila
Editor : Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: