Hari Jadi Kebumen ke-393, Dinas Dukcapil Peroleh Dua Penghargaan

KEBUMEN (KM) – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Ditjen Dukcapil merupakan unsur pelaksana Kementerian Dalam Negeri di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Dukcapil mengikuti kegiatan yang ditetapkan Kementerian PANRB dimana Dukcapil harus melaksanakan reformasi birokrasi yaitu meningkatkan pelayanan, di mana kriteria sebuah pelayanan ideal itu harus mencakup semuanya, misalnya standarisasi SOP.

Kepala Dinas Dukcapil Kebumen Anna Ratnawati mengatakan Dinas Dukcapil Kebumen telah dievaluasi oleh Kementerian PANRB dengan kategori baik. 

“Sesuai visi misi Bupati Kebumen maka Disdukcapil misi pertama yaitu menyelenggarakan pelayanan publik maka Disdukcapil harus berbuat sesuatu agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik,” katanya.

“Slogan yang dimiliki yaitu “Dukcapil Bisa”, yaitu singkatan dari Berkarya, Inovasi, Sabar dan Adaptif, yang intinya bagaimana pelayanan itu bisa baik, maksimal dan endingnya membahagiakan masyarakat,” tambahnya.

“Bersamaan dengan Hari Jadi Kebumen yang ke-393, Disdukcapil mendapatkan dua piagam penghargaan dari Pemerintahan Daerah Kabupaten Kebumen yaitu sebagai penyelenggara pelayanan publik dan inovasi pelayanan publik terbaik,” ungkapnya.

Ia mengatakan Disdukcapil Kebumen akan terus berbenah di mana sebuah standar pelayanan itu harus dicukupi semuanya.

“Adapun kemasan yang dibuat agar bisa mendapatkan piagam penghargaan tersebut dengan judul Inovasi Balada Pakis. Balada Pakis itu mempunyai arti bahwa bayi lahir dapat paket akte kelahiran gratis, Kartu KIA, KK dan kartu KIS,” jelasnya, Senin 22/8.

Advertisement

Empat dokumen Administrasi Kependudukan (adminduk) ini bisa diterima secara langsung untuk semua bayi yang baru lahir di Rumah Sakit Faskes, dimana seluruh rumah sakit sudah ada fasilitas kesehatan.

Ia juga mengatakan orientasi ke depan bagaimana masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang lebih cepat, mudah, praktis, ekonomis dan gratis,dimana Disdukcapil Kebumen sudah ditetapkan sebagai zona integritas yaitu tidak ada korupsi, KKN dan Calo.

Dengan penuh harapan, Anna akan berusaha untuk bisa melaksanakan visi misi bupati dengan baik dan maksimal, bisa membahagiakan masyarakat dan akan selalu berusaha menciptakan pelayanan yang semakin praktis, ekonomis, efektif, efisien dan gratis.

“Walaupun dengan berbagai kendala tapi ‘how to manage’, bagaimana kita bisa mengoptimalkan yang ada dan mengelola yang ada itu untuk pelayanan yang terbaik demi masyarakat,” pungkasnya.

Reporter: Evie

Editor: Red1

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: