Wabup Agam Resmi Lepas Rombongan Calon Jemaah Haji Kabupaten Agam 2022

AGAM (KM) – Wakil Bupati Agam Irwan Fikri melepas secara resmi rombongan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Agam tahun 1443H/2022 M di Rumah Dinas Bupati Belakang Balok, Bukittinggi 5/6.

Upacara diawali dengan pembacaan talbiyah oleh Misbar Kadir, Dt. Guruang Putiah dan dilanjutkan dengan sambutan dari wakil calon jemaah haji yaitu Yun Elfi.

Yun Elfi dalam sambutannya menyampaikan banyak terimakasih kepada Kemenag, MUI, dan IPHI Kabupaten Agam atas bimbingannya selama proses menjelang pelaksanaan haji khususnya manasik.

“Kami dari jemaah juga mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses manasik, semoga rukun dari haji ini dapat kami laksanakan dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu Ketua IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Agam, Darnis Burhan Dt. Bagindo Sati, juga menuturkan bahwa IPHI sangat bangga atas terlaksananya haji tahun ini, meskipun sempat terhenti terlaksana sebelumnya akibat covid-19.

“Saya harap bagi bapak ibu yang dapat berangkat tahun ini dapat bertanggung jawab secara moral,” tuturnya.

Pihaknya juga memohon kepada Allah SWT agar dimudahkan dan diberi kesehatan selama pelaksanaan haji berlangsung.

“Kami dari IPHI apabila ada yang kurang selama menjadi guru manasik mohon dimaafkan,” ucapnya.

Ia menyebutkan, IPHI merupakan wadah berhimpun para alumni haji dari seluruh wilayah Indonesia yang bersifat permanen dan terorganisasi.

“IPHI juga membantu calon jemaah haji dalam bimbingan manasik agar mencapai haji yang mabrur,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Marjanis, mengungkapkan bahwa dari 430 orang Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Agam yang tertunda, sebanyak 153 orang diberangkatkan tahun ini, di antaranya 61 orang pria dan 92 orang wanita.

Advertisement

“Pemberangkatan gelombang pertama yaitu hari ini, Minggu (5/6) terdiri dari 147 orang (jemaah dari Agam bagian barat sebanyak 25 orang dan Agam bagian timur sebanyak 122 orang) dan gelombang kedua yang akan berangkat pada 2 Juli 2022 mendatang sebanyak 6 orang,” ungkapnya.

Kemudian Marjanis menjelaskan, gelombang pertama akan diterbangkan langsung ke Madinah pada hari Senin 6 Juni 2022 dan diperkirakan sampai di Bandara AMMA Medinah 6 Juni 2022 pukul 19.35 WAS.

“Persiapan pelaksanaan rangkaian ibadah haji di tanah suci telah dilakukan sejak tahun 2020 lalu, dan calon jemaah haji telah dibekali dengan pelajaran manasik haji, diantaranya manasik kecamatan dan manasik kabupaten,” terangnya.

Wakil Bupati Agam juga mengucapkan selamat atas diberangkatkannya gelombang pertama, CJH Kabupaten Agam 2022.

“Sudah dua tahun kita terpending dan hari ini, alhamdulillah walaupun tidak lengkap tetapi kita sudah bisa mulai berangkat. Doakan juga keluarga kita yang tidak dapat berangkat agar dapat berangkat seperti normal kembali. Jaga semangat dan ikhlaskan segala sesuatu yang ditinggalkan,” ucapnya.

Wakil Bupati Agam yang didampingi oleh Kakankemenag Kabupaten Agam langsung menyerahkan megaphone kepada ketua rombongan satu mewakili seluruh rombongan.

Upacara ditutup dengan pembacaan talbiyah kembali, saling bersalam dengan keluarga jemaah yang diwarnai dengan tangis bahagia melepas keberangkatan.

Pada upacara ini turut hadir, Ketua MUI Kabupaten Agam, Kepala OPD terkait termasuk Kadis Kominfo diwakili Sekretaris Dinas, dan panitia pelaksanaan haji Kabupatan Agam.

Reporter: Warman

Editor: Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: