Resmi Dikukuhkan, Padepokan Giri Mantaka Banten Nyatakan Dukungan Untuk Andika Hazrumi Dalam Pilgub Banten 2024

SERANG (KM) – Andika Hazrumy selaku pembina Padepokan Giri Mantaka mengukuhkan pengurus Padepokan Giri Mantaka Provinsi Banten, Selasa, 7 Juni 2022, bertempat di pelataran Cagar Budaya Bendung Lama Pamarayan.

Acara pengukuhan yang sekaligus deklarasi berdirinya padepokan Giri Mantaka itu dihadiri oleh seluruh jajaran pengurus, pembina dan pimpinan cabang dari seluruh Provinsi Banten, Lampung, DKI Jakarta, serta Jawa Barat dan sekitarnya.

Dalam acara tersebut, Abdul Kholik selaku Ketua Umum Padepokan Giri Mantaka yang diangkat secara aklamasi menjelaskan bahwa persiapan untuk acara ini embrionya sudah berlangsung sejak bertahun-tahun yang lalu, akan tetapi baru terlaksana hari ini karena terkendala covid-19 dan padatnya jadwal Andika Hazrumy yang menjabat Wakil Gubernur Banten.

“Setelah beliau tidak menjabat Wakil Gubernur Banten lagi, acara deklarasi dan pengukuhan ini baru dapat dilaksanakan dengan situasi dan kondisi yang sudah mengarah kepada pemulihan dari covid-19 dan pemulihan ekonomi rakyat Indonesia khususnya warga Banten,” ungkap Kholik kepada awak media.

Lebih lanjut menurut Abdul Kholik, dalam kepengurusan di Padepokan Giri Mantaka, ditampung seluruh potensi anggota yang merupakan warga dan keluarga serta murid dan simpatisan dari almarhum Kolot Endang Undara, yang kini amanat itu dipegang Kasepuhan Abah Zaenal Arifin yang merupakan murid dan sekaligus menantu dari Almarhum Endang Undara.

“Tradisi tatali karuhun yang sudah diajarkan sejak keberadaan Abah Undara (almarhum) terus diperhatikan dan dijadikan pedoman bagi anak cucu dan para murid Abah Undara,” ujarnya.

“Jadi setelah Guru Besarnya diserahkan ke bapak Zaenal Arifin, kami murid dan anak cucu melembagakan secara resmi menjadi padepokan yang memiliki legalitas dan kepengurusan yang diakui secara hukum dan kenegaraan. Alhasil, secara de facto Giri Mantaka ini sudah ada sejak puluhan dan ratusan tahun yang lalu, tetapi dilembagakan baru sekarang,” terang Kholik.

Advertisement

Sementara itu, menurut Guru Besar sekaligus penggagas Padepokan Giri Mantaka, Abah Zaenal Arifin, menjelaskan bahwa sesuai dengan pikukuh dan ajaran almarhum Bapak Undara yang memiliki murid tersebar di Banten, Lampung, DKI Jakarta dan Jawa Barat, membutuhkan naungan secara kelembagaan yang memiliki legalitas sebagai Padepokan atau organisasi massa yang memiliki manfaat baik buat diri masing-masing, masyarakat, agama dan negara.

“Saya sebagai orang tua serta pewaris ajaran Bapak Endang Undara almarhum, hanya memberikan dorongan untuk para generasi penerus, baik keturunan maupun para murid padepokan Giri Mantaka yang kiprahnya ada di berbagai elemen masyarakat,” paparnya.

“Untuk itu, maka Padepokan Giri Mantaka memerlukan wadah, agar terus melestarikan nilai-nilai positif dan ajaran dari para karuhun terkait kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Menurutnya, dalam berkiprah di masyarakat yang majemuk, kehadiran Padepokan Giri Mantaka untuk menghindari perpecahan di antara para murid dan anak cucu serta para warga yang sering hadir dalam pertemuan dan kegiatan ritual budaya yang bersumber dari ajar pikukuh yang disampaikan bapak Endang Undara.

Dalam kesempatan acara deklarasi tersebut, juga dilontarkan dukungan resmi Padepokan Giri Mantaka untuk pencalonan Andika Hazrumy, sebagai Bakal Calon Gubernur Banten yang akan dilaksanakan pemilihan secara serentak di tahun 2024 mendatang.

“Segenap keluarga besar Padepokan Giri Mantaka khususnya yang ada dan berdomisili di wilayah hukum provinsi Banten, mendukung dan siap memenangkan H. Andika Hazrumy sebagai Gubernur banten periode 2024-2029,” pungkas Abdul Kholik dan diaminkan Guru Besar Giri Mantaka Abah Zaenal Arifin.

Reporter: Iing Ricky
Editor: Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: