Danrem Suryakancana, Muspida Kabupaten Bogor Ikuti Upacara Bendera Virtual bersama Presiden

BOGOR (KM) – Danrem 061/Sk Brigjen TNI Rudi Saladin mengikuti upacara bendera memperingati hari lahir Pancasila di ruang rapat serbaguna 1 Setda Kabupaten Bogor, Komplek Perkantoran Pemda Kabupaten Bogor, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Upacara bendera tahun ini digelar secara virtual langsung dari lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu 1/6.

Upacara dimulai sekitar pukul 08.00 WITA, berperan selaku Komandan Upacara yaitu Kolonel Inf Tunjung Setiabudi, dan berperan sebagai Perwira Upacara ialah Brigjen TNI Harfendi.

Sedangkan yang mengikuti kegiatan upacara hari lahir Pancasila dari Kabupaten Bogor yaitu plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandara, Danlanud ATS Bogor yang diwakili oleh Kadispers Lanud ATS, Kapolres Bogor, Ketua DPRD Kabupaten Bogor; Kajari Kabupaten Bogor; Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Bogor yang diwakili wakil Ketua PA Kabupaten Bogor, serta para SKPD Kabupaten Bogor.

Dalam amanatnya, Presiden RI menyampaikan bahwa Bung Karno adalah bapak pendiri bangsa yang merenungkan Pancasila yang diwariskan kepada seluruh rakyat Indonesia, di mana Pancasila memiliki nilai luhur bagi bangsa dan negara Indonesia.

Presiden juga mengajak kepada seluruh generasi penerus bangsa untuk terus membumikan Pancasila sebagai langkah memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila, inilah tugas kita bersama. Pancasila adalah satu-satunya ideologi Bangsa Indonesia,” tegas Jokowi.

Advertisement

“Semoga lahirnya Pancasila ini dapat dijadikan pegangan dan pedoman oleh nusa dan bangsa kita dalam usaha memperjuangkan dan menyempurnakan kemerdekaan. Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, tapi Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia mengalami ujian dan tantangan,” ujarnya.

“Kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila dan saya mengajak seluruh pemimpin bangsa untuk menjadi tauladan bagi rakyatnya,” terang Jokowi mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Brigjen TNI Rudi Saladin menyampaikan kepada awak media bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan secara virtual langsung dari Ende mempunyai makna dan momentum sebagai ideologi yang menjadi pemersatu bangsa, di mana di dalamnya terdapat nilai-nilai leberagaman dan persatuan antar komponen anak bangsa sebagai pondasi berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, Pancasila dapat digunakan sebagai ideologi negara, sebagai dasar negara, sebagai jiwa bangsa Indonesia, sebagai kepribadian bangsa Indonesia, sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, sebagai sumber segala hukum yang berlaku maupun sumber tata tertib hukum di Republik Indonesia, sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia, sebagai cita-cita serta tujuan bangsa Indonesia dan sebagai falsafah hidup yang mempersatukan bangsa.

“Oleh karena itu, sebagai anak bangsa kita wajib membumikan Pancasila seperti yang disampaikan oleh bapak Presiden kita,” pungkasnya.

Reporter: Red

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: