Rapat Paripurna DPRD Paniai Tetapkan Pokok Pikiran RKPD 2023

PANIAI (KM) – Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Paniai melaksanakan rapat paripurna di Ruang Rapat Paripurna DPRD Paniai, yang difasilitasi oleh Sekretaris Dewan Roland Jemas, Kamis 19/5.

Rapat paripurna dengan agenda penetapan dan keputusan pimpinan DPRD tentang pokok-pokok pikiran DPRD untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Paniai tahun 2023 tersebut dipimpin oleh Sem Nawipa selaku Ketua DPRD Kabupaten Paniai dan dihadiri oleh pimpinan serta anggota DPRD Paniai yang hadir langsung sebanyak 14 orang dan yang tidak hadir 11 orang.

Dalam pembukaannya, Sem Nawipa menyebutkan bahwa sesusi pasal 108 huruf f Undang-Undang No 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah yang menyatakan tentang penyelenggaraan pemerintah daerah dilaksanakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat, berkewajiban menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja dan reses secara berkala.

Selain itu, dalam Pasal 54 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedomanan Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui Badan Anggaran memberikan saran dan pendapat berupa pokok pikiran DPRD kepada kepala daerah mempersiapkan rancangan APBD sebelum peraturan kepala daerah tentang rencana kerja pemerintah daerah ditetapkan.

“Untuk itu, DPRD Paniai melakukan rapat paripurna dalam rangka menetapkan pokok-pokok pikiran DPRD Paniai,” ujarnya.

Advertisement

Lebih jauh dikatakan Politisi Partai PKB tersebut, bahwa maksud penyusunan dokumen pokok-pokok pikiran DPRD Paniai adalah sebagai upaya dalam ikut bersama-sama mengawasi strategi pelaksanaan program pembangunan  Kabupaten Paniai  dalam mewujudkan tercapainya visi misi Bupati dan wakil Bupati Paniai.

Menurutnya, DPRD Paniai memiliki peran dan tanggung jawab dalam mewujudkan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah daerah melalui pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang DPRD.

Dari tugas dan fungsi DPRD tersebut, Sem Nawipa memaparkan diantaranya memberikan saran dan pendapat berupa pokok-pokok pikiran DPRD berdasarkan hasil reses yang telah dilaksanakan oleh pimpinan dan anggota DPRD di daerah pemilihan masing-masing.

“Pokok-pokok pikiran yang dimaksud adalah sebagai bahan rumusan kegiatan yang diselaraskan dengan saran dan prioritas pembangunan dalam rangka menyusun rencana kerja RAPBD pemerintah daerah Kabupaten Paniai tahun 2023,” jelasnya.

Selanjutnya, Rancangan keputusan DPRD dibacakan langsung oleh sekretaris DPRD Paniai, Kabag Risala Sem Pekei.

Kemudian, dengan telah diserahkannya pokok-pokok pikiran DPRD, Sem Nawipa yang juga menutup agenda rapat paripurna ini mengatakan harapannya kepada Bupati Paniai dan Wakil Bupati  beserta Sekda Paniai untuk dijadikan bahan masukan penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Paniai tahun 2023.

Reporter : Yugo

Editor : Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: