Redaksi Kupas Merdeka Gelar Pelatihan Jurnalistik Secara Daring, Bidik Peningkatan Kualitas Pemberitaan

BOGOR (KM) – Untuk menjaga tali silaturahmi antar wartawan dan meningkatkan kualitas pemberitaan, redaksi Kupas Merdeka menggelar pelatihan jurnalistik secara daring. Acara tersebut membahas dasar-dasar penulisan berita dan ulasan standar perilisan berita media Kupas Merdeka.

Dalam acara tersebut, Pemimpin Umum Redaksi KM Hasan Jawwad selaku pemateri menjelaskan pentingnya 5W+1H ( what, who, when, why, where dan how ) dalam suatu pemberitaan agar setiap informasi yang diterangkan menjadi lengkap dan mendalam.

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengungkapkan bahwa media Kupas Merdeka selalu selektif dalam penayangan berita, agar media Kupas Merdeka menjadi media yang akurat dan terpercaya.

“Jika ada naskah berita dari teman-teman yang lama ditayangkan, itu karena editor sedang memperbaiki naskah tersebut. Kita mengutamakan keakuratan agar media kita dapat terpercaya,” paparnya, Rabu 6/4.

“Pelatihan ini penting sekali agar naskah berita tidak terlalu lama di editor dan penayangan berita bisa cepat,” lanjutnya.

Menjawab pertanyaan peserta terkait penulisan statement narasumber apakah dapat dirapihkan atau menulis secara natural, Hasan berpendapat dalam penulisan pernyataan narasumber dimuat dengan apa adanya, namun berdasarkan persetujuan narasumber terlebih dahulu.

Advertisement

“Jika narasumber itu tahu bahwa yang ia sampaikan tersebut akan menjadi bahan berita, maka sudah menjadi hak kita sebagai wartawan sebagai media untuk memuat kata-kata dia apa adanya. Tanpa ditambah, tanpa dikurang, tanpa diubah. Kecuali kita menerjemah,” tegasnya.

“Dan jika beritanya mungkin bersifat positif atau fokus ke satu isu atau narasumber tertentu, ada baiknya naskah itu dikirimkan ke narasumbernya dulu apakah kata-katanya tersebut sudah sesuai atau tidak,” tambahnya.

Ia mengungkapkan, acara ini merupakan acara berbagi ilmu dan pengalaman kejurnalistikan, selain untuk mempererat tali silaturahmi antar wartawan, acara ini juga dapat menambah wawasan serta kualitas dalam pemberitaan media Kupas Merdeka.

“Nanti kita akan buat meeting lagi ulasan terkait masalah-masalah di lapangan, taktik-taktik di lapangan. Mungkin itu juga yang penting untuk kita pelajari, semoga kita bisa berkumpul kembali untuk membahas tema-tema yang lainnya,” pungkasnya

Reporter: Alfa, Elok
Editor: Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: