Pemdes Dusun Tengah Seginim Salurkan BLT-DD Untuk 74 KPM

Pembagian BLT DD di Desa Dusun Tengah, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan (dok. KM)
Pembagian BLT DD di Desa Dusun Tengah, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan (dok. KM)

BENGKULU SELATAN (KM) – Dalam rangka penanggulangan bencana dampak sosial dan ekonomi wabah virus corona, Pemerintah Desa Dusun Tengah, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar acara penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Kepada 74 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Kamis 7/4.

Dalam acara ini hadir langsung Kepala Desa dan perangkat Desa, ketua BPD dan anggota, pihak Kecamatan, Babinsa, Babinkamtibnas dan pendamping Desa, pendamping lokal Desa, tim relawan tanggap bencana covid-19 dan seluruh KPM BLT-DD.

Adi Indra Gunawan selaku Ketua BPD menyatakan sangat mengapresiasi kinerja Pemerintah Desa yang dengan sangat cepat menyalurkan bantuan BLT DD.

“Mengingat kondisi saat ini masih dalam suasana pandemi covid-19, bantuan dana BLT DD ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ujar Ketua BPD.

Lanjut beliau, “Tentu bantuan ini sangat tepat kita realisasikan, karena dalam menghadapi bulan suci ramadhan, masyarakat perlu mempersiapkan kebutuhan bahan pokok. Saya harapkan pada penerima BLT, gunakanlah dana tersebut untuk membeli kebutuhan bahan pokok,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Dusun Tengah, Kuslan fahrozi menjelaskan, penyaluran bantuan bersumber dari Dana Desa dan merupakan salah satu program bantuan dari pemerintah untuk masyarakat yang dilanjutkan di tahun 2022.

Advertisement

Kuslan menerangkan, sesuai yang tertuang pada PMK 222 tahun 2020, dan telah melalui tahapan demi tahapan pada beberapa bulan sebelumnya sesuai dengan aturan yang ada, Pemdes dan Badan Pemusyawatan Desa (BPD) serta panitia relawan tanggap darurat covid-19 menetapkan 74 KPM BLT-DD 2022.

“Adapun 74 KPM yang hari ini akan menerima bantuan BLT DD tahap pertama, nominalnya Rp300 ribu setiap bulan selama 12 bulan. Meskipun BLT DD ini disalurkan di bulan ke ke-empat, akan tetapi yang bisa direalisasikan bulan 1,2 dan 3, hal itu lantaran penyaluran BLT DD boleh dirapel,” jelas Kepala Desa.

“Masyarakat penerima BLT DD diminta mempergunakan dana tersebut untuk kepentingan keluarga, jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak penting,” tambahnya.

Dari pantauan lokasi, acara pembagian BLT-DD tersebut berjalan aman dan lancar.

Reporter : Adi Aboy

Editor : Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: