Terkendala Bayar Sewa Tempat, Rumah Quran Yayasan Tadabbur Quran Fisabilillah Terancam Tutup, 85 Santri Siap-siap Dirumahkan

DEPOK (KM) – Sekretariat Rumah Quran Yayasan Tadabbur Quran Fisabilillah (RQ-TYQF) yang berlokasi di Jl. Mandai Raya No.9 Rt.02/16 Kelurahan Abadi Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok terancam tidak dapat melanjutkan kegiatannya karena tidak sanggup untuk membayar biaya perpanjangan sewa tempat tahunan senilai Rp. 20 juta.

Hal tersebut diungkapkan Pimpinan RQ-YTQF, Ustadzah Ade Maryani yang akrab disapa Ummi Yani kepada Kupasmerdeka.com usai menggelar kegiatan baksos kesehatan bulanan di Sekretariat RQ-YTQF, Sabtu 22 Januari 2022.

Ummi Yani mengaku pihaknya menghadapi kesulitan dalam menghimpun dana untuk membayar sewa tahunan Rumah Quran yang didirikannya sejak 2020 lalu.

“Saat ini yang masih belajar mengaji di yayasan sebanyak 85 anak santri yang berasal dari lingkungan sekitar dan tidak dipungut biaya, untuk tenaga pengajarnya sisa 3 orang dari 6 orang karena keterbatasan anggaran, itupun yang 3 orang hanya digaji seadanya karena memang mereka memahami keadaan dan yang ikut berjuang dari awal pembentukan Yayasan ini,” ungkap Ummi Yani.

“Tanggal 5 Februari besok sudah jatuh tempo untuk bayar perpanjangan sewa tahunan tempat ini, Kami sudah berupaya dari jauh-jauh hari dengan menggandeng berbagai pihak, namun memang hingga saat ini belum menunjukkan hasil yang diharapkan dan baru terkumpul beberapa juta saja, artinya masih sangat jauh dari yang dibutuhkan. Ya kita cuma bisa pasrah dan berdoa saja semoga Allah kasih kemudahan dan mendatangkan orang-orang baik ke yayasan ini agar anak-anak santri bisa terus belajar disini,” jelasnya.

“Alhamdulillaah sejak didirikan hingga saat ini, YTQF didukung para donatur selain menjalankan kegiatan pendidikan agama dan pengajian untuk anak-anak dan warga sekitar, juga secara rutin mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) baik santunan yatim, janda dan dhuafa, maupun pelayanan kesehatan bekerjasama dengan Thibbun Nabawi seperti bekam, fashdu, cek gula darah dan tensi yang dilaksanakan 1-3 bulan sekali,” lanjutnya.

Ia berharap, yayasan yang sudah berjalan hingga saat ini bisa terus eksis dan memberikan lebih banyak manfaat lagi bagi anak-anak dan masyarakat sekitar khususnya.

Keterangan foto: Kegiatan Baksos Kesehatan Kerjasama RQ-YTQF dengan Thibbun Nabawi di Sekretariat RQ-YTQF , Sabtu 22 Januari 2022.(Dok.KM)

“Saya mengajak kepada para donatur dan dermawan untuk sama-sama membantu berpartisipasi menghidupi yayasan ini baik secara materi maupun non materi, karena yayasan ini bukan milik pengurus saja, tapi memang ada untuk memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi umat,” ajaknya.

“Kegiatan hari ini bersama Thibbun Nabawi kita adakan baksos kesehatan memberikan suntikan vitamin c kepada para santri dan warga sekitar, Alhamdullilaah yang dilayani lebih dari 100 orang, termasuk yang dibekam dan di terapi fashdu (mengeluarkan sumbatan dan darah kotor melalui pembuluh darah vena,” ujarnya.

“Selanjutnya, kami mohon bantuan infak sodaqoh nya untuk membantu meringankan beban RUMAH QURAN dan Yayasan kami ini. Kami doakan semoga saudara-saudara bisa membantu dan Allah mudahkan rizki nya, Aamiin. Untuk donasi silahkan datang langsung ke Yayasan kami atau bisa juga transfer ke rekening BRI nomor 0443.01.001.150305 AN.YAYASAN TADABBUR QURAN FISABILILLAH,” pungkasnya.

Reporter : Sudrajat
Editor : HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*