IPPMMARPUT Jayapura Gelar Mubes Ke-VI Untuk Kemajuan dan Mencetak Kader Pimpinan Organisasi

JAYAPURA (KM) – Musyawarah Besar (MUBES) bagi sebuah organisasi merupakan sebuah momen penting untuk mengevaluasi seluruh kegiatan organisasi sekaligus merupakan momentum bagi terbentuknya kepengurusan baru yang akan menjalankan roda organisasi dalam periode selanjutnya.

Demikian halnya yang dilaksanakan oleh Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa dan Masyarakat (IPPMMARPUT) Se Jayapura yang menggelar kegiatan Mubes IPPMMARPUT Ke-VI pada Senin, 6 Desember 2021 di Asrama Paniai, Jayapura.

Tampak hadir dalam acara pembukaan Mubes ke-VI IPPMMARPUT, yaitu Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Paniai (FKMKP) Jayapura dan 7 Ikatan lokal yakni IPPMYD, IKAPPMMA, IPPMAPI, IPMAR-WUBWE, IKAPPME, IPPMTD dan IPPMPB,

Intelektual Muda asal Paniai, Yunus Eki Gobai dan Mias Gobai, yang juga Senior dari Ikatan IPPMAR-WUBWE turut hadir sebagai Anggota Luar Biasa (ALB) dalam sidang Mubes ke-IV IPPMMARPUT Se Jayapura ini.

Kegiatan Mubes diselenggarakan secara terbuka dan peserta yang mengikuti terlihat antusias. Untuk memenuhi harapan dan kuota Anggota Luar Biasa yang hadir langsung di tempat acara. Panitia Mubes telah menyediakan fasilitas selama acara Mubes berlangsung, sehingga semua Anggota Luar Biasa dapat mengakses dan mengikuti seluruh rangkaian agenda persidangan dari awal hingga akhir.

Adapun tujuan diselenggarakannya Mubes Ke-VI IPPMMARPUT Se-Jayapura, yaitu: Membahas Laporan Pertanggungjawaban hasil program kerja BP.IPPMMARPUT Se-Jayapura Periode 2019-202, membahas AD dan ART IPPMMARPUT Se Jayapura, pembahasan GBHO dan GBHK, serta memilih dan menetapkan Ketua BP.IPPMMARPUT Se Jayapura Periode 2021-2023.

Motto Mubes IPPMMARPUT kali ini yaitu: “Junjung Tinggi Kesatuan dan Persatuan Untuk Mendobrak Harapan Baru Dalam Kesatuan Organisasi Yang Utuh Tanpa Pwerbedaan” dan Tema Mubes yang diangkat adalah “Satu Tungku Tiga Batu Menuju Era globalisasi”.

“Persatuan, kebersamaan, kekeluargan dan Solidaritas adalah hal yang sangat utama yang ditekankan bagi setiap anggota IPPMMARPUT, dengan satu honai yakni berfikir global bertindak lokal inilah terpupuk semangat kekeluargaan dan loyalitas, jiwa kebersaman bagi setiap insan IPPMMARPUT,” kata Albertus Gobai.

“Hasil yang diharapkan dari Mubes ini adalah Peningkatan kualitas sumber daya dan loyalitas IPPMMARPUT Se Jayapura serta Kemjuan organisasi menuju arah yang lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Demisioner, Menaken Gobai, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Mubes dengan baik sesuai dengan mekanisme dalam persidangan Mubes.

Menurutnya, IPPMMARPUT sebagai salah satu organisasi mahasiswa asal rayon Paniai utara di Jayapura, harus mampu menjadi salah satu wadah pemersatu dan pembelajaran bagi kader-kader dalam ilmu dan ketrampilan demi kemajuan daerah di masa depan.

Dalam kesempatan yang sama, Kristianus Degeib, menyampaikan pandangan dan harapannya bagi Ketua terpilih. Ia berharap agar kedepannya IPPMMARPUT Se Jayapura mampu menjawab tantangan dalam organisasi yang sudah dirasakan saat ini.

Advertisement

“Dengan berbagai perubahan yang terjadi dari periode ke periode, IPPMMARPUT harus mampu mengikuti dan menjalankan dengan perubahan dan menetapkan dalam Mubes,” tutur Mantan DPMF keguruan Uncen ini.

“Dengan terselenggaranya Mubes Ke-VI IPPMMARPUT ini, dengan berakhirnya Kepengurusan, semoga akan terpilih Ketua BP yang baru ke-VI yang dapat meneruskan estafet kepengurusan yang berkualitas dan solid, serta mampu menjalankan semua amanah Mubes dengan baik dan maksimal,” lanjutnya.

Mubes Ke-VI IPPMMARPUT Se Jayapura itu sendiri telah menghasilkan beberapa keputusan yakni, menerima Laporan Pertanggungjawaban penyelenggaraan kepengurusan demisioner periode 2019-202, merumuskan dan memperbaiki redaksi terkait AD dan ART, GBHO, GBHK dan memilih dan mengangkat ketua pengurus baru. Semua keputusan perubahan ini merekomendasi kepada tim perumus dan SC untuk melengkapinya.

Pada akhirnya, Ketua BP. IPPMMARPUT terpilih adalah Petrus Degei dengan merahi 23 suara dalam pemungutan suara menggunguli suara calon lainnya yaitu wakil ketua Hendrikus Gobai dengan merahi suara 22. Acara pemilihan dilakukan secara langsung dan demokratis.

Sementara Sekertaris Agustina Gobai
Wakil seketaris Obet Yeimo,Bendahara Umum Semuel Degei dan Wakil bendahara, Demas Degei melakukan pemilihan votin dan penyusunan bidangnya dilengkapi oleh tim formatur Mubes.

Usai Mubes, Ketua BPH IPPMMARPUT Se Jayapura, Petrus Degei mengatakan, rapatkan barisan untuk memajukan organisasi kita sebagai pusat pembelajaran kita bersama. Dengan ini seluruh anggota IPPMMARPUT mendukung visi misi dan program kerja yang akan disusun dan mentapkan dalam rapat kerjanya.

“Sebagai program prioritas akan menjalankan adalah Leterasi, debat jurusan dan diskusi setip gubuk yang ada di Jayapura ,”ujarnya

Kami akan membuka ruang dan konfirmasi yang akan menjadi ketua bidang dan anggota dalam struktur dalam kepengurusan kita periode 2021-2023,”harapnya

” Saya mengucapkan teima kasih kepada seluruh anggota IPPMMARPUT yang telah memberikan kepercayan kepada saya untuk memimpin dua tahun kedepan dalam mubes akbar ini,”ujarnya

Sementara itu, Sekertaris umum Agustina Gobai mengatakan, taklupa mengucapkan trima kasih atas kepercayan sebagai sekertaris 1. Untuk kedepan saya dan ketua terpilih akan menjalangkan sesuai dengan kesepakan dalam mubes ini sebagai aman yang bertanggung jawab beraama. bagi saya hal baru dalam sejarah IPPMMARPUT Se Jayapura aehingga sangat membutuhkan dukungan morilnya.

“Motivasi saya berani mengambil posisi sekertaris 1 karena kita perempuan ini terbelakan terus sehingga untuk kedepan kita perempuan juga menduduki jabatan terpenring. Dengan ini kita perempuan utuk bersaing dalam era global.

Report: Yugo

Editor : Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: