Al Haris Ingin Budaya Jambi Hadir dan Tumbuh di Setiap Daerah Sebagai Khazanah Budaya Nusantara

JAKARTA (KM) – Ketua Umum Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi Provinsi Jambi, Hasan Basri Agus, secara resmi melantik dan mengukuhkan Pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi perwakilan khusus DKI Jakarta dan sekitarnya untuk masa bakti 2021-2026. Acara pelantikan diselenggarakan di Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada hari Kamis, 16 Desember 2021.

Berdasarkan Keputusan Lembaga Adat Melayu Jambi Provinsi Jambi nomor 16 tahun 2021 tentang Perubahan Komposisi dan Nama nama pengurus Lembaga Adat Melayu Jambi perwakilan khusus DKI Jakarta dan sekitarnya tertanggal 13 Desember 2021, Zainal Abidin Is dan Amrulsyah ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua Lembaga Adat Melayu Jambi Perwakilan Khusus DKI Jakarta dan sekitarnya untuk masa bakti 2021-2026.

Keterangan foto: Gubernur Jambi dan Istri Saat Foto Bersama Pengurus Lembaga Adat Melayu Jambi (Dok.KM)

“Saya percaya Datuk Datuk dan Datin Datin akan melaksanakan tugas yang mulia ini dengan sebaik baiknya dan penuh rasa tanggung jawab, serta mendapat bimbingan, petunjuk, dan lindungan dari Allah swt,” ucap Hasan Basri Agus saat prosesi pelantikan dimulai.

Sementara itu, Zainal Abidin dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya berencana menyelenggarakan even festival adat melayu Jambi di tahun 2022. Zainal mengaku, selama 30 tahun tinggal di Jakarta, fenomena masyarakat Kubu atau masyarakat anak dalam itu masih menjadi perbincangan hebat.

“Nah, jadi nanti di acara festival budaya Jambi 2022, rencananya saya akan menampilkan orang Kubu asli itu kesini. Yang kedua, Candi Muaro Jambi itu adalah candi terbesar di dunia, nah ini yang mau saya angkat di LAM Jambi ini dari segi adat budayanya,” ungkap Zainal disambut tepuk tangan.

Advertisement

Di penghujung acara, pembagian santunan yatim dan dhuafa menjadi penutup dari seluruh rangkaian acara.

Foto: Gubernur Jambi Didampingi Pengurus LAM Jambi Saat Diwawancarai KM

Sementara itu, dalam kesempatan wawancara dengan kupasmerdeka.com usai acara pelantikan, Gubernur Jambi Al Haris menyatakan bangga dengan terselenggaranya acara pelantikan pengurus LAM Jambi tersebut. Menurutnya, hal tersebut menandakan bahwa adat melayu jambi itu harus ada dimana-mana.

“Tujuannya bukan untuk merubah adat adat yang sudah ada, tapi kita ingin budaya jambi juga hadir dan bisa tumbuh di daerah daerah mana saja yang ada di Indonesia ini sebagai hazanah budaya nusantara kita,” jelas Al Haris.

“Mudah-mudahan di DKI ini akan berkibar, bahwa adat budaya jambi yang sudah lama sekali ini bisa dikembangkan di daerah ini, paling tidak bahwa jambi dikenal orang masih mempunyai adat melayu yang kuat dan kokoh akarnya, jadi tolong dilestarikan dan dikenalkan ke masyarakat,” lanjutnya.

“Jadi beliau harus sosialisasikan ke masyarakat bahwa ini loh di Jakarta ini sudah ada lembaga adat melayu jambi, mereka siap membantu masyarakat apakah nanti untuk acara pernikahan dan sebagainya, termasuk juga mendidik mahasiswa mahasiswa jambi yang ada d jakarta ini untuk belajar adat istiadat,” pungkasnya.

Reporter : Sudrajat
Editor : HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: