Sedih! Begini Kondisi SD di Kaur Bengkulu Ini, Permohonan Bantuan Diabaikan Bupati

BENGKULU (KM) – Pemandangan miris di dunia pendidikan masih nampak pada sebuah bangunan gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 129 yang berada di Desa Cinta Makmur, Kecamatan Muara Saung, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

Gedung sekolah milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur tersebut tidak seperti bangunan layak lainnya, dimana bangunan gedung SDN 129 Kaur ini sungguh memprihatinkan karena masih berdindingkan papan dan berlantaikan tanah, padahal sekolah ini memiliki tenaga pengajar sebanyak 6 orang, terdiri dari 2 orang PNS dan 4 orang tenaga honor dengan jumlah murid saat ini sebanyak 31 orang, bahkan jumlah murid di Sekolah Dasar Negeri ini pernah mencapai lebih dari 60 siswa.

Kondisi menyedihkan tersebut disampaikan kepada awak media Kupasmerdeka.com oleh Yarmin, Kepala SDN 129 Kabupaten Kaur, Kamis 11/11.

Menurut pengakuan Kepala Sekolah, pihaknya sudah sering mengajukan proposal pengajuan bantuan, bahkan proposal juga sudah pernah langsung diberikan kemeja Bupati sebelumnya yaitu Gusril Fauzi atas permintaannya sendiri. Namun, sampai saat ini bantuan pembangunan yang diharapkan tersebut tidak kunjung datang, sehingga pihaknya merasa putus harapan untuk mengajukan proposal lagi.

“Pada waktu itu saya pernah langsung membawa proposal ke Bupati Kaur, bapak Gusril Fauzi pada tahun 2019, namun entah apa kendalanya sampai saat ini belum kunjung di bangun,” ujarnya.

“Mantan bupati Kaur Gusril Fauzi sudah dua kali menginjakkan kaki ke SDN 129 Kaur, yaitu di tahun 2017 dan tahun 2019. Jadi sekolah SDN 129 Kaur ini menjadi Sekolah Dasar Negeri yang belum pernah sekalipun tersentuh layaknya bangunan sekolah yang lainnya. Kami merasa iri dengan sekolah yang lain, banyak sekolah yang masih cukup bagus, tetapi sudah direhab, sementara sekolah kami ruangannya masih berdindingkan papan bolong, berlantaikan tanah. Jangankan bangunan, meja dan kursi pun kami belum pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah,” ungkap Yarmin.

Advertisement

“Bupati Kaur sebelumnya menginjakan kaki di SDN 129 ini pada tahun 2017 saat Bupati Kaur diundang oleh komunitas 1000 guru, dan di tahun 2019 Bupati Kaur diundang oleh Pemerintah Desa acara alih fungsi lahan. Jadi Bupati Kaur sebelumnya tahu persis keadaan Sekolah Negeri 129 Kaur ini,” jelasnya lagi.

Yarmin pun berharap kepada Bupati yang baru, Lismidianto dan Wakil Bupati Herlian Muchrim untuk dapat membangun SDN 129 Kaur ini.

“Harapan kami satu-satunya adalah kepada Bupati Kaur yang baru untuk dapat membangun Sekolah SDN 129 Kaur ini,” ucapnya penuh harap.

Terpisah, Kepala Desa Cinta Makmur, Musmulyadi saat dikonfirmasi oleh awak media KM membenarkan adanya Sekolah Dasar Negeri yang belum pernah tersentuh pembangunan dari Pemerintah Daerah. Dia berharap kepada Pemerintah Daerah yang baru untuk segera merenovasi bangunan demi kenyamanan anak-anak belajar.

“Saya yakin dengan pemerintah daerah yang baru bisa merenovasi bangunan Sekolah Dasar Negeri yang belum tersentuh bangunan dari pemerintah daerah. Harapan kami bupati yang baru ini tidak akan menutup mata melihat tempat pendidikan yang di miliki oleh pemerintah daerah Kaur yang sangat memperihatinkan ini. Malu jaman sekarang masih ada sekolah dasar yang masih berdinding papan, berlantaikan tanah, padahal sekolah ini bukan berada di pedalaman,” jelasnya.

Sementara itu, hingga berita ini ditayangkan, Kepala Dinas Pendidikan setempat saat dihubungi awak media KM melalui pesan What’sApp tidak berkenan menjawab alias bungkam.

Reporter : Alpi

Editor : Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: