Disdikbud dan IPSI Serang Resmi Tutup Pagelaran Seni Pencak Silat di Mercusuar Anyer

SERANG (KM) – Penutupan akhir kegiatan pentas seni pencak silat paguron dalam program pengembangan kebudayaan yang dilaksanakan di beberapa Kecamatan dengan menampilkan Jurus Kaserangan dilaksanakan di Mercusuar Anyer 28/11.

Adapun yang tampil dalam penutupan program adalah dari 3 Paguron yakni Paguron Singa Putih dari Kecamatan Waringin Kurung Pimpinan Abah Murba, Paguron Sinar Cimande dari Kecamatan Gunungsari Pimpinan Bapak Suhemi, dan Paguron Pusaka Cimande Banten dari Kecamatan Anyer Pimpinan Aditio Saputra.

Beni Kusnandar selaku Kabid Budaya Kabupaten Serang menyampaikan apresiasi kepada para Paguron di Kabupaten Serang yang telah melaksanakankan pementasan seni silat dengan tetap menerapkan prokes yang ditentukan.

“Kami dari Kebudayaan kabupaten Serang akan terus memberikan ruang kepada para Paguron supaya bisa meningkatkan kemampuan dalam ibing silat kaserangan dan ibing baku paguron, sehingga para pesilat dapat bersaing satu dengan yang lainnya dalam hal kualitas gerak silatnya, sehingga di Kabupaten Serang, seluruh Paguron dapat merata dalam kemampuan Silat Kaserangan nya,” ujar Beni.

Dalam kesempatan yang sama, Sarip, selaku Kasi Kesenian menyatakan, “Kegiatan roadshow paguron ini, kami berharap dapat membantu pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Serang.

“Pagelaran ini semoga dapat menjadi obat bagi para Ketua, Pelatih, dan Pesilat yang dua tahun ini tidak pernah tampil atau pentas silat,” ucap Sarip saat diwawancara kupasmerdeka.com 28/11.

Advertisement

Sementara itu, Tio selakau Pimpinan Paguron Pusaka Cimande Banten yang sekaligus tuan rumah dalam acara pentas ini berharap agara pagelaran pentas seni pencak silat ditahun depan dapat dilaksanakan kembali.

“Tentunya para paguron dapat terus berkarya serta berdaya untuk terus mengembangkan seni pencak silat,” kata Tio.

Di tempat yang sama, Dedi, Ketua IPSI Kecamatan Anyer menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan Kabupaten Serang, IPSI Kabupaten Serang, Bupati Serang dan seluruh Paguron yang terus semangat dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya pencak silat hingga mendapatkan juara pencak silat tingkat dunia di Belanda yang digelar secara virtual dan dimenangkan oleh Paguron Sinar Pusaka Putra Banten pimpinan Abah jami.

Bahtiar Rifai, Sekertaris Camat Anyer yang juga hadir dalam acara, turut memberikan dukungannya. “Saya sangat mensuport dengan adanya kegiatan ini, apa lagi di Kecamatan Anyer ada yang Go Internasional menjadi juara di Belanda,” ucapnya.

“Saya berharap kegiatan ini bisa tumbuh kembang pesat dan terus berkelanjutan serta berkesinambungan, agar para pengunjung wisatawan di Anyer ini tidak hanya melihat pantainya saja, ataupun pegunungan saja, tetapi kesenian lokal dan kearifan lokalnya juga harus kita suguhkan,” tutupnya.

Reporter: Acun Sunarya

Editor: Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

1 Comment

  1. Jos gandos, maju terus ipsi serang dan paguron se kabupaten serang

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: