Dinsos Kota Bukittinggi Respon Laporan Lansia Telantar di Wilayah Pakan Kurai

Suasana saat perawatan lansia telantar di RSUD Kota Bukittinggi (dok. KM)
Suasana saat perawatan lansia telantar di RSUD Kota Bukittinggi (dok. KM)

BUKITTINGGI (KM) – Walikota Bukittinggi, Erman Safar, menginstruksikan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bukittinggi untuk segera merespon laporan terkait adanya seorang lansia terlantar di wilayah Pakan Kurai, Senin 29/11.

Menindaklanjuti intruksi tersebut, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos), Linda Faroza, langsung mendatangi lokasi bersama jajaran terkait. Saat didatangi, lansia tersebut tampak kesulitan berbicara dan dalam kondisi sangat lemah.

Menurut keterangan Kadinsos Linda, dari yang bersangkutan didapat secarik kertas Surat Keterangan Domisili yang sudah rapuh, namun masih dapat dibaca informasinya.

Linda mengatakan, lansia laki-laki tersebut berinisial AM, lahir pada tahun 1949, sehingga diketahui usianya 72 tahun dengan kondisi lemah dan belum makan selama 2 hari.

“Kita segera bantu untuk cepat dibawa ke- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bukittinggi. Ini bagian dari tanggung jawab kita,” kata Linda.

Setelah menghubungi pihak RSUD, Tim RSUD mendatangkan ambulans dan tim perawat untuk menjemput lansia tersebut.

“Kita gunakan informasi yang ada dan kita telusuri di grup jejaring komunikasi Pilar Sosial se-Sumbar dan Nasional, Alhamdulillah ditemukan Bapak AM berasal dari Kabupaten Padang Pariaman,” jelas Linda.

Selanjutnya, Pemkot Bukittinggi melalui Dinas Sosial segera memenuhi kebutuhan pengobatan, memberikan bantuan dasar sederhana berupa selimut, handuk, pakaian, dan kebutuhan lainnya.

Saat ini, lansia tersebut dirawat di Rumah Sakit untuk perawatan lebih lanjut. Sementara pihak keluarga tengah menuju ke-RSUD Bukittinggi.

Sementara itu, Walikota Erman Safar menyampaikan apresiasi atas respon cepat Kadinsos beserta jajaran dan meminta agar Dinsos menuntaskan pendampingan yang diperlukan.

“Dinas Sosial menjadi Garda terdepan untuk penanganan masalah sosial yang ada di Bukittinggi. Termasuk Lansia yang tersasar dan terlantar wajib kita berikan bantuan,” terang Walikota Bukittinggi Erman Safar.

Reporter : Edwarman

Editor : Sudrajat

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*