Jelang Dispora Cup 2021, IPSI Kota Bogor Seleksi Calon Atlitnya

(dok. KM)
(dok. KM)

BOGOR (KM) – Dalam rangka mengikuti persiapan Dispora Cup tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar), Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bogor menggelar kegiatan seleksi Dispora Cup Kota Bogor Tahun 2021, yang diselenggarakan di Palataran Pakujajar Sipatahunan, Selasa 26/10.

Penyeleksian kontingen atlet terbaik Kota Bogor diikuti oleh 8 Paguron seni tradisi pencak silat dan langsung dipimpin Ketua IPSI Kota Bogor Subono Widoyoko, beserta jajaran Ketua Festival Yana Mulyana, Sekretaris Asep Saepul Kadariyeu, dan Bendahara Agung Nurrohmat.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Bono tersebut memaparkan, bahwa pencak silat tradisi merupakan warisan budaya Indonesia yang harus di lestarikan. Dirinya pun meminta kepada seluruh jajaran khususnya yang membawahi bidang III, yaitu seni budaya, untuk fokus dalam menjaga seni beladiri asli Indonesia tersebut.

“Ya seni tradisi bangsa kita ini, harus terus dijaga sebagai kelestariannya. Jangan sampai generasi milenial saat ini tidak mengetahui apa itu pencak silat,” ungkap Bono kepada awak media.

“Khususnya jajaran IPSI Kota Bogor bidang III harus konsen berperan untuk menjaga seni pencak silat ini, khususnya di Kota Bogor,” tambah Bono.

Bono juga berharap agar bidang III IPSI mampu menjalin hubungan dengan pemerintah maupun swasta yang berhubungan dengan pariwisata, agar pencak silat tradisi di beri ruang untuk berekspesi.

Advertisement

“Perlu peran yang khusus dari bidang III, untuk menjalin komunikasi, dan sinergi yang baik, baik dengan pemerintah dan swasta, agar seni pencak silat bisa mendapatkan ruang publik yang lebih luas, ya seperti ruang publik mall-mall, atau hotel-hotel di Bogor khususnya,” terang Bono.

Rasa terimakasih yang mendalam juga disampaikan Bono kepada R. Wirabrata Arifin (Abob), yang telah berkenan
mengijinkan acara seleksi ini diadakan di Palataran Pakujajar Sipatahunan.

“Alhamdulillah, dan hatur nuhun kepada keluarga besar Abob yang sudah memberikan ruang dan tempatnya dalam penyeleksian atlet untuk Dispora Cup ini,” ujar Bono.

Ditempat yang sama Wakil Ketua III IPSI Kota Bogor, Medi Jumhari mengapresiasi perguruan – perguruan silat berbasis seni tradisi yang mengikuti seleksi atlit tersebut.”

“Alhamdulillah 21 atlet dari 8 Paguron mengikuti seleksi ini, yang mana para juaranya nanti akan menjadi kontingen Kota Bogor, dalam Dispora Cup Jabar 2021,” ucapnya.

Adapun kategori yang dipertandingkan dalam seleksi adalah kategori perorang usia dini, putra putri, remaja, berpasangan putra putri, dan sesepuh putra putri. Dewan Juri yang bertugas adalah Lembaga Wasit Juri Festival. Dewan Juri Budi Arsa, Juri 1 Medi Jumhari, Juri 2 Dewi Marta, Juri 3 Ratu Rita.

Reporter: Ki Medi
Editor: Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: