Pasang U-ditch Saat Masih Tergenang Air, Pembangunan Drainase di Tambun Selatan ini Dinilai Asal Jadi

Pekerjaan U-ditch di Dusun I RT 003/01 Kp. Setia Jaya, Desa Setia Darma, Tambun Selatan (Dok. KM)
Pekerjaan U-ditch di Dusun I RT 003/01 Kp. Setia Jaya, Desa Setia Darma, Tambun Selatan (Dok. KM)

BEKASI (KM) – Pembangunan drainase dengan menggunakan item U-ditch di RT 003/01 Dusun I (belakang Bank BPR) Kp. Setia Jaya, Desa Setia Darma, Kecamatan Tambun Selatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi, diduga asal jadi.

Pasalnya, saat wartawan memantau lokasi pekerjaan, ditemukan kejanggalan seperti tidak adanya lantai kerja dan pemasangan U-ditch secara langsung ke dalam genangan air.

Sementara itu, konsultan supervisi pada Disperkimtan Kabupaten Bekasi, Rifki, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp mengatakan bahwa pekerjaan lantai kerja bersifat “kondisional”.

“Kalau lantai kerja kondisional bang ya, di RAB nya pasir urug ya bukan adukan semen,” ucapnya.

“Untuk masalah genangan air itu dari galian, kalau galian kan belum ke depan, samping BPR, arah buang airnya ke situ paling nanti di sana galian agak dalaman dikit,” kelit Rifki, Senin 25/10

Advertisement
.

Hal tersebut membuat pemerhati infrastruktur Kabupaten Bekasi, Saut MN, menyayangkan pernyataan konsultan di pekerjaan U-ditch yang berada di Setia Darma itu.

“Kalau memang di RAB untuk lantai dasarnya bukan memakai adukan semen melainkan pakai pasir urug, harusnya dalam kondisi kering bukannya air tergenang seperti itu, apakah fungsi pasir urug tersebut akan maksimal?” tanya Saut.

Menurutnya, pengawas Dinas terkait dan Konsultan pengawas seharusnya mengontrol progres di kegiatan tersebut.

“Jangan nantinya anggaran tersebut menjadi sia-sia dan tidak bermanfaat untuk masyarakat,” tegas Saut MN.

Reporter: Mon

Editor: Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: