Proyek Peningkatan Jalan H. Bosih di Cibitung Diduga Tidak Sesuai RAB

Lokasi pengecoran di Jalan Raya H. Bosih, Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi

BEKASI (KM) – Pekerjaan peningkatan Jalan Raya H. Bosih, Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, yang memakai Anggaran Belanja Pendapatan Daerah (APBD) 2021 menjadi sorotan lantaran ada kekurangan pada proses cor lantai dasar B nol, yang diduga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Proyek ini diselenggarakan Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) melalui proses Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dengan nilai anggaran Rp.2.299.628.320,11 dimenangkan CV. Varforcea Nowly.

Konsultan Supervisi Agus yang mengawasi kegiatan tersebut mengatakan pihaknya sudah memberitahukan kepada pihak kontraktor (rekanan dinas terkait) bahwa lantai dasar B nol diduga tidak sesuai dengan RAB.

“Sudah saya tegur terkait B nol, memang itu B nolnya tidak sesuai, seharusnya dipasang kaso dengan ketinggian 0,05 m,” kata Agus kepada kupasmerdeka.com di lokasi, Sabtu, 4/9.

Tak hanya itu, terlihat bahan material beton yang telah dituangkan ke bahu jalan tidak terlihat adanya test slump, beton terlihat encer. Sayangnya, saat konsultan meminta test slump ternyata pihak teknisi dari beton tidak membawa alatnya.

Advertisement

“Katanya sudah di test slump, alatnya tidak ada,” keluhnya Agus saat meminta test slump beton tidak ada alat ujinya.

Sementara, Agus waktu diminta tanggapannya terkait besi tibar tengah yang digelar ada beberapa segmen rakitan besi dowel tidak ada pendamping.  “Kalau memang di dalam kegiatan ada yang kurang kita akan potong,” ucapnya.

Sementara itu, Heru, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK DSDABMBK) Kabupaten Bekasi saat meninjau lokasi tidak bisa dimintai komentarnya karena sudah pergi meninggalkan lokasi. Tak hanya itu, saat kegiatan berlangsung Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) juga tidak hadir di lokasi pekerjaan.

Reporter: Simon
Editor: MSO

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: