Air PDAM tidak Sesuai Standar Air Minum, Pengelola Air Isi Ulang Harus Gunakan pH Tester

Galon air isi ulang harus dibersihkan agar memenuhi syarat kesehatan

MUARO JAMBI (KM) –  Masyarakat yang mengonsumsi air isi ulang sebagai air minum yang dapat digunakan langsung harus memperhatikan kebersihan galon. Salah satu pengelola depot air isi ulang yang tidak mau disebutkan namanya di Perumahan Puri Masurai 2, Dusun Puri Kembar, Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar mengatakan masyarakat pengguna masih kurang memperhatikan kebersihan galon yang telah digunakan berkali-kali.

”Apabila galon tidak dibersihkan secara benar maka masyarakat akan meminum air minum isi ulang ini dalam kondisi tercemar dari endapan kotoran air yang terdapat di kran air. Selain itu juga dinding bagian dalam galon terdapat endapan kotoran air. Apabila tidak diperlakukan pencucian yang tidak benar maka tidak menutup kemungkinan berdampak pada kesehatan,”  ujar pengelola,pada Rabu 1/9.

Advertisement

Untuk air yang berasal dari PDAM, dilakukan pengecekan kualitas air dengan pH baku angka 4-4,5. Air yang dapat diminum memiliki pH minimal angka 6,5.

“Angka itu saat melakukan pengecekan air yang akan digunakan serta diproses melalui BPOM Provinsi Jambi secara berkala 3 bulan sekali. Atas arahan BPPOM Jambi, pengelola diminta menggunakan pH tester sesuai arahan,” ujarnya.

Pengelola berusaha untuk tetap memperhatikan kebersihan galon yang diterima dari konsumen, apalagi galon dari konsumen yang baru pertama kali melakukan pengisian. 

Tidak hanya bagian dalam dan luar, kran air pun menjadi sasaran utama yang harus dibersihkan. Namun, ia juga mengatakan belum pernah didatangi oleh instansi terkait terhadap usahanya tersebut yang telah berjalan satu tahun.

Reporter: Muslimin
Editor: MSO

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: