Tinjau Dampak Banjir Bandang di Cigudeg, Ade Yasin Janji Keruk Sungai Cidangder

Ade Yasin banjir bandang Cigudeg

BOGOR (KM) – Bupati Bogor Ade Yasin mendatangi lokasi korban bencana banjir bandang di Kampung Kadaung,
Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Rabu 19/5.

Selain ke posko logistik dan memberikan bantuan paket sembako untuk korban banjir, Ade Yasin juga meninjau langsung rumah warga yang berada di bibir sungai Kali Cidangder yang telah rata dengan tanah.

“Adanya tanggulan yang jebol karena debit air yang cukup tinggi dari Sungai Cidangder sehingga masuk ke pemukiman warga menyebabkan rumah warga yang berada di bibir sungai mengalami ruksak berat dan rusak ringan,” ujar Ade.

Menurut Ade, terjadinya banjir masalah utamanya dari pendangkalan di aliran Sungai Cidangder. “Sehingga ini penanganannya selain memperbaiki tanggul, juga pengerukan sungai rasanya ini perlu dilakukan supaya tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Di hari yang sama, selain Desa Rengasjajar, Ade juga akan meninjau ke Desa Tegallega, untuk melihat situasi dan kondisi di sana. Menurutnya, untuk bahan pokok makanan bagi korban terdampak sudah terpenuhi.

“Nanti kita akan melihat dari hasil pantauan kita, masalahnya apa yang perlu diperbaiki dan untuk sementara suplai makanan ini kita ada dari Dinsos serta relawan-relawan yang lain. Jadi kebutuhan pokok sudah kita penuhi termasuk air bersih. Sambil kita lihat untuk infrastrukturnya seperti apa yang harus dibenahi,” ucapnya.

Advertisement

Ia menyebut yang terdampak sebanyak 300 kepala keluarga namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian banjir bandang yang menerjang pada Senin kemarin.

“Tidak ada rencana relokasi karena memang situasinya masih terkendali tapi yang terdampak kita ungsikan dulu karena ini sungai saja yang menjadi masalah, kalau untuk kestabilan tanah masih bagus. Hanya sungai saja yang perlu dibenahi,” terangnya.

Sementara itu, Andri dari PUPR Kabupaten Bogor akan melakukan tindakan secepatnya akan menurunkan alat berat yang bekerja sama dengan UPT Cigudeg.

“Berdasarkan perintah pimpinan bahwa keinginan warga untuk dibuatkan TPT, kita akan laksanakan di tahun ini juga secepatnya, maka akan dibuatkan TPT sepanjang 18 meter tinggi 4 meter,” kata Andri.

“Otomatis akan menanggulangi dampak bencana banjir susulan mudah-mudahan itu bisa kita tangani dan menjadi solusi bersama warga sekitar,” pungkasnya.

Reporter: HSMY
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: