Tidak Vakum di Masa Pandemi, Diam-diam Anjungan Jambi di TMII Raih Penghargaan Kelas Dunia

Penyerahan piala penghargaan lomba international festival dari Pjs. Pimpinan Anjungan Jambi, Deni Husni kepada Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi di Jakarta, Refli SH.
Penyerahan piala penghargaan lomba international festival dari Pjs. Pimpinan Anjungan Jambi, Deni Husni kepada Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi di Jakarta, Refli SH.

JAKARTA (KM) – Di masa pandemi covid-19 yang hingga sekarang belum berakhir, Anjungan Jambi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta melalui Sanggar Selaras Pinang Masak, kembali menunjukkan eksistensinya sebagai jawara di bidang Seni Tari, khususnya Tari Melayu Jambi.

Tidak hanya berprestasi di kancah lokal dan nasional saja, Sanggar Selaras Pinang Masak juga menunjukkan eksistensinya di kejuaraan internasional seperti event Sopravista International Festival di Italia pada 28 Februari 2021 lalu dalam kategori Group Koreografi dan Solois usia 13-14 tahun yang diselenggarakan secara virtual, di mana Sanggar Selaras Pinang Masak berhasil meraih prestasi terbaik mengalahkan grup-grup tari lainnya dari seluruh dunia.

Sebelumnya, Sanggar Selaras Pinang Masak juga berhasil meraih juara 1 tingkat nasional pada event Lomba Budaya Tari Nusantara yang juga diselenggarakan secara virtual oleh Komunitas Muda Berbudaya Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, pada bulan Januari 2021 yang lalu.

Pjs. Pimpinan Anjungan Jambi, Deni Husni saat dikonfirmasi KM kemarin 29/4 mengatakan kalau piala penghargaan lomba Sopravista International Festival baru tiba di Anjungan Jambi dua hari lalu (27/4), langsung dikirim dari Italia.

“Hari ini kami menggelar acara penyerahan piala tersebut di Anjungan Jambi dari saya Pjs. Pimpinan Anjungan Jambi kepada Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi di Jakarta, Refli SH,” ujarnya.

Deni juga mengungkapkan bahwa semua biaya pendaftaran lomba ditanggung oleh Anjungan Jambi. Menurutnya, untuk segala hal yang sifatnya kesenian dan budaya, pihaknya akan mendukung penuh.

Advertisement

“1 grup (10 peserta) biaya yang kita keluarkan untuk pendaftaran sebesar 60 euro, untuk pesertanya kita ambil dari sanggar yang ada di sekitar TMII,” jelasnya.

“Selain piala, Sanggar juga mendapat voucher diskon 10% untuk mengikuti kegiatan tahun berikutnya, sertifikat gratis berupa PDF, untuk yang hard copy nya harus bayar sekitar 15 euro,” lanjut Deni.

“Kami di sini sebagai Pjs Anjungan Jambi ingin menyerahkan 2 piala yang sangat membanggakan karena diperoleh di saat situasi pandemi covid-19 ini. Mudah-mudahan ini bisa terus mengangkat nama Provinsi Jambi baik di tingkat nasional maupun internasional,” papar Deni.

“Jadi di masa pandemi ini kita tidak vakum, kita tetap menunjukkan eksistensi kita dan mengharumkan Provinsi Jambi lewat anjungan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi di Jakarta, Refli SH menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada pimpinan sanggar Selaras Pinang Masak dan seluruh karyawan anjungan Jambi yang telah bekerja keras mengharumkan nama Jambi dengan prestasi-prestasi yang sudah diraih.

“Sanggar Selaras Pinang Masak di Anjungan Jambi ini sudah sekitar 15 tahun dan sudah banyak mendapat prestasi baik tingkat nasional dan internasional, dan alhamdulillah pada hari ini mendapat lagi piala internasional,” ungkapnya.

“Insya Allah nanti setelah pandemi covid-19 ini berakhir, kita akan cari cara untuk mengembangkan sanggar kita, karena di masa pandemi ini sangat sulit bagi kita mencari anggaran untuk mengembangkan sanggar-sanggar kita,” pungkasnya.

Reporter: Sudrajat

Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*