Tidak ada Sosialisasi, Pemdes Gambarsari Pagaden Kritisi Proyek Peningkatan Jaringan Irigasi SS Macan

Saluran irigasi SS Macan, Subang(dok. KM)
Saluran irigasi SS Macan, Subang (dok. KM)

SUBANG (KM) – Proyek pekerjaan rehabilitasi, peningkatan dan modernisasi jaringan SS Macan Cs Kabupaten Subang dengan pagu anggaran Rp328 miliar yang dilaksanakan oleh kontraktor PT Brantas Abipraya (Persero) dengan KSO PT Bina Nusa Lestari (BNL) mendapat kritikan dari masyarakat setempat.

Pemerintah Desa (Pemdes) Gambarsari, Kecamatan Pagaden, misalnya, menyoroti tidak adanya sosialisasi kepada warga setempat mengenai dimulainya pekerjaan rehabilitasi SS Macan Subang oleh kontraktor pelaksana. Padahal, proyek rehabilitasi irigasi senilai ratusan miliar rupiah tersebut melewati wilayah Desa Gambarsari sepanjang 2,7 kilometer.

“Proyek SS Macan ini kan melewati wilayah desa kami sepanjang 2,7 kilometer dan pekerjaan sudah dimulai, tapi kok tidak ada sosialisasi ke pemdes dan warga,” ujar Sekretaris LPM Desa Gambarsari Kecamatan Pagaden, Wawan Setiawan, kepada KM, Kamis 29/4.

Selain tidak ada sosialisasi pekerjaan kepada warga, pihaknya juga mempersoalkan tidak dilibatkannya warga setempat dalam pekerjaan padat karya di proyek tersebut. Malah yang dilibatkan adalah pekerja dari luar.

Advertisement

“Pekerjaan padat karya tidak melibatkan warga desa. Malah pekerja padat karya bukan penduduk Gambarsari,” ucap Wawan.

Dirinya bersama Kades Gambarsari Wasnata sempat mendatangi kantor operasional PT BNL KSO PT Brantas Abipraya di Desa Binong untuk mempertanyakan hal tersebut.

Saat itu, ungkap Wawan, keterangan pihak perusahaan yang ditemui, mengakui kalau padat karya harus menyerap tenaga kerja penduduk setempat, malah menyarankan untuk memberhentikan pekerja luar desa.

“Kita berharap pihak perusahaan kooperatif dan memperhatikan warga lingkungan setempat yang terdampak pekerjaan proyek rehabilitasi SS Macan Subang ini,” tegas Wawan yang juga tokoh masyarakat Pagaden ini.

Hingga kini, pihak PT Bina Nusa Lestari (BNL) selaku KSO PT Brantas Abipraya belum bersedia memberikan tanggapannya terkait tidak adanya sosialisasi pekerjaan kepada warga dan tidak dilibatkannya warga setempat Desa Gambarsari dalam kegiatan padat karya tersebut.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: