IMM Minta Program Beasiswa Panca Karsa Pemkab Bogor Agar Tepat Sasaran, Utamakan Siswa dari Keluarga tidak Mampu

Ilustrasi aksi unjuk rasa mahasiswa (stock)
Ilustrasi aksi unjuk rasa mahasiswa (stock)

BOGOR (KM) – Pemerintah Kabupaten Bogor meluncurkan program beasiswa “Panca Karsa” untuk 1.200 anak muda berprestasi. Peluncuran program beasiswa ini dilakukan pada penutupan acara “Bogor Leaders Talk 2021” di Auditorium Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor dan dihadiri para rektor universitas yang bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Bogor, Rabu 21/4 lalu.

Namun, program tersebut mendapatkan sorotan dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bogor. Menurut organisasi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang telah meluncurkan beasiswa dengan total anggaran sebesar Rp13 miliar memang harus diapresiasi, namun harus tepat sasaran dan diberikan kepada penerima sesuai kriteria dan haknya. Hal itu disampaikan oleh Ketua Bidang Hikmah Politik dan Kebijakan Publik IMM Bogor, Hendi, kepada awak media, Jumat 23/4.

“Saya sangat mengapresiasi niat baik Pemkab Bogor yang telah meluncurkan beasiswa untuk pemuda-pemuda berprestasi, khususnya di Kabupaten Bogor, tapi sasaran diberikan kepada penerima harus sesuai kriteria dan haknya. Jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan situasi ini, apalagi ini bersumber dari keuangan APBD Kabupaten Bogor,” tambah Hendi yang kini juga menjabat Presidium Nasional BEM Perguruan Tinggi Muhammadiyah Zona III (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten).

Advertisement

Lebih lanjut Hendi mengatakan, pihaknya meminta kepada Bupati Bogor untuk memberikan beasiswa tersebut dengan adanya kriteria berbasis keluarga yang tidak mampu, namun mempunyai soft skill, untuk mendapatkan program beasiswa tersebut, dan jelas tidak harus perpacu pada kriteria berprestasi saja.

“Saya sadar betul, masih banyak warga Kabupaten Bogor yang mempunya soft skill dan etos semangat belajar yang tinggi, namun sangat terbatas soal keuangan, sehingga memilih jalan untuk tidak melanjutkan studynya,” tegas Hendi.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*