Silaturahmi ke Galeri Kujang Pajajaran, Danrem 061/SK Harap Kegiatan Budaya Luhur Terus Terjaga

BOGOR (KM) – Kunjungan silaturahmi Komandan Korem 061 Surya Kancana ke Galeri Kujang Pajajaran disambut langsung oleh Abah Wahyu Affandi Suradinata.

Dalam pertemuan tersebut, Abah Wahyu berkesempatan menjelaskan kisah tentang sejarah Kujang Pajajaran yang semula ada 6 jenis yaitu Kujang Ciung, Kujang Badak, Kujang Jago, Kujang Bangau, Kujang Bangkong, dan Kujang Naga. Kemudian berkembang lagi setelah masuknya Islam, yaitu Kujang Wayang.

Abah Wahyu juga menyampaikan jika dirinya sudah menggeluti tentang proses, bahan dan penempaan Kujang sejak tahun 1995 silam, namun baru diseriusi menjadi bidang usaha sejak tahun 2005.

Advertisement

“Dulu karyawannya ada 6, sekarang masa pandemi ini tinggal 3 orang, berharap dan berdoa semoga corona segera berlalu,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Danrem 061 Surya Kencana Achmad Fauzi berharap agar kegiatan bernuansa budaya luhur ini dapat selalu terjaga secara berkelanjutan. Menurutnya, hal tersebut penting agar tradisi luhur bangsa ini tidak punah.

Dalam kunjungannya tersebut, kehadiran Danrem turut didampingi oleh penggiat budaya Gatut Susanta dan Danramil Bogor Tengah.

Reporter: Ki Medi
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*