BPN Kota Bogor Diduga Keluarkan Sertifikat atas Nama Pribadi untuk Tanah Milik Negara

Ilustrasi

BOGOR (KM) – Setifikat Hak Guna Bangunan (HGB) nomor 1340 Kelurahan Menteng Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bogor pada bulan Juli 2020, terindikasi menyerobot aset milik negara.

Pasalnya, berdasarkan data dan informasi yang dihimpun awak media, lokasi bidang tanah sekitar 852 meter persegi tersebut diketahui merupakan aset milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Menurut penelusuran kupasmerdeka.com, sertifikat HGB tersebut sejak Juli 2020 tercantum atas nama Farida Rohadji, sementara pemberian hak tersebut tidak jelas asal usulnya, hanya terdata dalam HGB pecahan nomor 1183/Menteng.

Sementara menurut keterangan yang disampaikan Kasubsi Tematik BPN Kota Bogor Wibowo, asal tanah tersebut milik Pemkot Bogor yang diberikan Hak Pengelolaan Lahan (HPL) nomor 743 kepada PT. Triyosa Mustika dengan luasan 234.710 meter persegi.

“Ya tanah milik Pemkot yang diberikan HPL nya kepada PT. Triyosa Mustika, namun untuk tahun berapanya atau detailnya langsung saja ke Kabid PHP BPN Kota Bogor,” ungkap Wibowo saat ditemui awak media, Senin 29/3.

Advertisement

Wibowo juga menjelaskan, dari HPL tersebut ada pemecahan ke HGB nomor 1183/Menteng atas nama Farida Rohadji seluas 3.283 meter persegi. Namun Wibowo tidak bisa menjelaskan bagaimana kronologis awal dari tanah Pemkot Bogor hingga menjadi HPL PT. Triyosa Mustika lalu menjadi HGB Farida Rohadji.

“Ya untuk lebih jelasnya proses tersebut saya tidak mengetahui, bagaimana ajuan ataupun kronologinya hingga menjadi HGB nomor 1340 atas nama Farida Rohadji tersebut. Yang pasti memang asal tanah tersebut milik Pemkot Bogor dengan luasan 234.710 meter persegi,” terang Wibowo.

Sementara Kepala Seksi Hubungan Hukum Pertanahan Erna Riana tidak ada di tempat.

“Ibu sedang rapat, nanti dihubungi saja,” terangnya singkat.

Hingga berita ini ditayangkan, awak media masih mencari informasi lebih lanjut, perihal dugaan penyerobotan aset milik negara itu

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: