Banyak Jalan Yang Rusak, Dana Pemeliharaan di Kabupaten Subang Tahun Anggaran 2021 Masih Minim

Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Subang (dok. KM)
Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Subang (dok. KM)

SUBANG (KM) – Pasca banjir besar yang melanda pantura, jumlah ruas jalan Kabupaten di Subang yang mengalami kerusakan bertambah. Namun, untuk dilakukan pemeliharaan, pihak Pemkab terbentur minimnya anggaran.

Kasi Pemeliharaan Jalan Dinas PUPR Kabupaten Subang, Bambang Supalar, mengungkap bahwa dana pemeliharaan jalan tahun anggaran 2021 hanya sebesar Rp7,8 miliar.

“Cuma sedikit, anggaran pemeliharaan jalan tahun ini hanya Rp3,8 miliar, plus anggaran hotmix Rp 4 miliar, jadi totalnya cuma Rp7,8 miliaran,” ujar Bambang kepada KM, Kamis 4/3.

“Meski saat ini banyak ruas jalan yang rusak, namun tidak semua diperbaiki melalui anggaran pemeliharaan. Sebab kriteria kerusakan jalan yang perbaikannya dibiayai dana pemeliharaan harus di bawah 20 persen dan kalau tingkat kerusakan jalannya diatas 20 persen, masuk peningkatan jalan,” ucapnya.

Advertisement

Saat ini, karena minimnya dana pemeliharaan, pihaknya hanya bisa memperbaiki sekitar 35 ruas jalan saja.

“Pemeliharaan ini berdasarkan usulan dari masing-masing UPTD, paling paling kita bisa perbaiki 2 atau 3 ruas, total cuma 35 ruas buat pemeliharaan. Idealnya, untuk pemeliharaan ini butuh sekitar Rp100 miliaran. Hingga kini kita belum lakukan pengadaan, karena nunggu refocusing anggaran, sehingga anggaran yang ada saat ini masih belum pasti,” pungkas Bambang.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: