Limbah B3 dari PT. Trans Putra Textile Genangi Pondok Pesantren ini, Pemkab Serang Abaikan Aduan

Kondisi kompleks pondok pesantren Al Jauhariah di Cikande, Serang (dok. KM)
Kondisi kompleks pondok pesantren Al Jauhariah di Cikande, Serang (dok. KM)

SERANG (KM) – PT. Trans Putra Textile dinilai tidak peduli terhadap lingkungan dengan lalai dalam pembuangan limbah B3, yang mengakibatkan area Pondok Pesantren Al-Jauhariah di Kampung Cibeureum RT 04/02 Desa Cikande, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, tergenang air bercampur limbah jika kondisi hujan.

Pimpinan Pondok Pesantren Ust. Wawan mengatakan, kondisi pesanteren sangat mengkhawatirkan, dengan air limbah yang menggenangi area pesantren jika cuaca hujan. Hal itu diungkapkan oleh Wawan kepada awak media Senin 8/2 kemarin.

“Ya ini bagian dampak dari limbah PT. Trans Putra Textile, ditambah aroma yang menyengat,” tambah Wawan.

Wawan juga mengatakan, para santrinya sering mengalami penyakit gatal-gatal dan demam apabila kulit mereka terkena air limbah tersebut. “Kami pun yang berada di pondok pesantren tidak bisa lama-lama, terkadang kami mengungsi ke tempat yang aman,” katanya.

Advertisement

“Kejadian seperti ini sering terjadi, bukan kali ini saja,” jelas Wawan.

Lebih lanjut, Wawan menuturkan bahwa pihaknya pernah mengadukan kepada pihak pemerintah setempat dan pihak perusahaan, namun belum pernah mendapatkan respon apapun.

“Ya masalah ini harus kemana lagi kami mengadu, tidak ada sama sekali respon pemerintah setempat dan juga dari perusahaan,” pungkas Wawan.

Reporter: Iing Riki khaerudin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*