Banyak Pejabat yang Tidak Sehat dan Punya Penyakit Bawaan, Gagal Divaksin

LAMPUNG UTARA (KM) – Realisasi pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang dilakukan Pemkab Lampung Utara tak berjalan mulus. Sejumlah pejabat gagal divaksin karena kondisi kesehatan yang tak mendukung dan memiliki riwayat penyakit bawaan.

Rencananya vaksinasi ini menargetkan 16 orang yang terdiri pejabat publik, tokoh agama dan masyarakat serta perwakilan organisasi, dilaksanakan di RSUD Ryacudu Kotabumi, Senin 1/2.

Sejumlah pejabat, seperti Sekretaris Daerah (Sekda) dan Asisten Bidang Pemerintahan gagal divaksin karena setelah menjalani cek kesehatan, diketahui memiliki tekanan darah cukup tinggi, sedangkan Bupati Lampung Utara, Budi Utomo tak divaksin karena faktor usia.

“Buat rekan-rekan, seharusnya saya divaksin, tapi karena faktor usia tidak bisa. Terhadap Sekda dan Asisten I, saat dicek kesehatan punya riwayat tekanan darah tinggi, sehingga veksinasi untuk mereka ditunda,” ujar Budi Utomo.

Advertisement

“Untuk yang lain seperti wakil Ketua DPRD, Dandim 0412/LU, Kapolres, Kajari, serta dari tokoh masyarakat, hingga perwakilan dari insan Pers berjalan lancar,” ungkapnya.

Usai pencanangan ini, penyuntikan vaksin akan dilanjutkan bagi seluruh tenaga kesehatan. Vaksinasi akan dilakukan di dua rumah sakit dan di seluruh puskesmas yang ada.

“Kabupaten Lampung Utara menerima vaksin Sinovac sebanyak 5.160 dosis. Pemkab telah menjadwalkan vaksinasi tahap pertama diprioritaskan bagi tenaga kesehatan. Pemerintah meyakini jika vaksin Sinovac ini aman karena telah melalui serangkaian uji klinis,” pungkasnya.

Reporter: imron
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*