5 Vitamin yang Harus Anda Konsumsi Agar Anda Tetap Sehat

(KM)Suplemen memiliki fungsi yang penting bagi tubuh, salah satunya membantu nutrisi terpenuhi dan membuat tubuh tetap segar dan sehat.

Vitamin menjadi produk suplemen yang dipilih oleh banyak orang. Alasannya produk ini sangat membantu di dalam memenuhi vitamin harian, yang didapat di luar dari makanan yang dikonsumsi.

Sayangnya banyak orang yang asal sekedar membeli vitamin yang sebenarnya juga bisa didapat dari creatine atau whey protein. Sehingga mereka salah memilih vitamin yang sesuai kebutuhan atau nutrisi harian yang diperlukan dalam tubuh.

Bila Anda bingung dan menginginkan vitamin agar kesehatan tetap terjaga, artikel ini akan membahas 5 vitamin yang harus Anda konsumsi agar tetap sehat disertai dengan contoh makanan yang mengandung vitamin yang dibutuhkan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Vitamin A

Salah satu vitamin yang membuat tubuh tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi Vitamin A. Peran vitamin ini adalah untuk membantu melakukan perkembangan dan diferensiasi sel di dalam tubuh. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan perkembangan sel khususnya sel epitel menjadi terhambat.

Vitamin A juga dapat melakukan berbagai hal untuk tubuh, yakni mencegah penyakit campak, merawat kesehatan mata, mendukung kesehatan tulang hingga mampu untuk meningkatkan kesehatan reproduksi.

Sumber-sumber utama dari Vitamin A adalah dari sayuran seperti wortel, bayam, dan sawi. Sedangkan dari hewani berasal dari hati ayam, telur rebus, ikan salmon, ikan makarel dan lain sebagainya.

2. Vitamin B5

Salah satu vitamin yang ada di menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin B5 atau yang disebut dengan asam pantotenat. Salah satu keunggulan dari vitamin adalah menjaga kesehatan tubuh, khususnya dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Asam pantotenat juga memiliki fungsi lain, beberapa di antaranya adalah membantu pembentukan sel darah merah, melakukan sintesis kolesterol, serta memecah karbohidrat, protein, dan lemak sehingga bagus untuk menambah massa otot.

Sumber-sumber pada vitamin B5 dapat ditemukan dalam whey protein, jamur, kacang-kacangan, kerang, ikan dan ayam.

3. Vitamin B12

Vitamin lain yang bagus untuk tubuh adalah vitamin B12 atau yang disebut dengan kobalamin. Vitamin ini sangat berfungsi bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam mencegah terjadinya anemia, menjaga jantung menjadi lebih sehat dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Advertisement

Pada umumnya B12 terkandung dari dalam daging hewani, beberapa sumber B12 biasanya terdapat pada daging kambing, daging sapi, ikan tuna dan produk susu. Untuk Anda yang vegetarian, Anda bisa membeli vitamin B12 untuk mendapatkan asupan vitamin tersebut.

4. Vitamin C

Sumber vitamin C adalah vitamin yang tidak kalah penting untuk tubuh. Vitamin ini memiliki manfaat seperti menjaga kesehatan tulang rawan, gigi, dan tulang. Di samping itu, Vitamin C juga berperan penting di dalam mencegah penyakit empedu dan penyakit katarak.

Sumber yang ada di dalam Vitamin C biasanya terdapat pada buah-buahan seperti buah jeruk, kiwi, nanas dan berbagai jenis sayuran seperti brokoli, tomat serta paprika.

5. Vitamin K

Bila Anda ingin menjaga paru-paru dan terhindar dari penyakit prostat, maka vitamin K adalah solusinya. Vitamin K juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan jantung, serta membantu di dalam melancarkan peredaran darah.

Ada lagi fungsi lain dari vitamin K, salah satu yang terpenting adalah membantu proses pembekuan darah saat mengalami luka-luka.

Untuk sumber vitamin K itu sendiri, biasanya terdapat di dalam sayur-sayuran baik itu brokoli, kubis, lobak, bayam, dan kangkung. Sedangkan untuk buah-buahan biasanya terdapat pada buah anggur, delima, dan alpukat.

Penutup

Jika Anda lebih menginginkan suplemen vitamin daripada makanan, ada beberapa saran yang dapat dilakukan untuk membeli produk tersebut. Beberapa di antaranya adalah dengan melihat sertifikasi izin dari BPOM, sesuaikan dengan jenis kelamin dan umur, serta cek komposisi lain di dalam kandungan vitamin.

Khusus untuk multivitamin, disarankan bagi Anda untuk memeriksa kandungan nutrisi dari multivitamin yang akan Anda gunakan.

Suplemen tidak hanya terbatas vitamin atau multivitamin. Ada jenis suplemen lain yang biasa Anda pilih sebagai pelengkap gizi dan nutrisi harian, beberapa di antaranya seperti whey protein, creatine, minyak ikan dan lain sebagainya.

Itulah kelima vitamin yang harus Anda konsumsi agar tetap sehat, semoga Anda mendapatkan vitamin atau suplemen lain yang membuat Anda kembali bugar dan tetap sehat dalam waktu yang lama.

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*