Pesona Tumbuhnya Bunga Rafflesia di Kedurang Bengkulu

Bunga Rafflesia Arnoldi kembang sempurna di Desa Batu Ampar Kecamatan Kedurang Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu pada Kamis (28/01/2021).
Bunga Rafflesia Arnoldi kembang sempurna di Desa Batu Ampar Kecamatan Kedurang Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu pada Kamis (28/01/2021).

BENGKULU SELATAN (KM) – Bunga rafflesia arnoldi saat ini sedang mekar di kawasan obyek wisata alam Kedurang, tepatnya di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kedurang, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Lahan seluas lebih kurang dua hektare itu menyimpan sedikitnya 80 bunga rafflesia jenis arnoldii. Saat ini bunga asli Provinsi Bengkulu ini sedang banyak yang mekar. Dengan kondisi hutan yang masih terlindungi dan sejuk, membuat bunga rafflesia tumbuh dengan subur.

Mengetahui informasi tersebut, pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Selatan langsung melaksanakan kunjungan ke tempat tumbuhnya bunga terbesar di Indonesia itu pada Selasa 26/1.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Selatan Yulian Fauzi menjelaskan, bunga rafflesia tersebut terletak di Desa Batu Ampar Kecamatan Kedurang.

Saat ini, Taman Bunga Rafflesia ini telah dibuka untuk masyarakat umum. Bahkan sekelompok anak muda asli desa setempat mempunyai grup khusus komunitas penggiat dan pecinta alam BS yang melakukan rutinitas patroli mengawasi dan menjaga perkembangan bunga rafflesia di Taman Bunga Rafflesia Kedurang, serta sekaligus melakukan pendataan bunga rafflesia.

Advertisement

“Saat ini Taman Bunga Rafflesia ini telah dibuka untuk masyarakat umum, dan dijaga oleh sekelompok anak muda Komunitas Pencinta Alam Bengkulu Selatan,” terang Kadis Pariwisata Kabupaten Bengkulu Selatan kepada KM Kamis 28/1.

Bunga itu mempunyai diameter sekitar 80 cm dan di sekitarnya terdapat lebih dari 20 knop atau calon bunga rafflesia yang siap kembang kembali.

Untuk menuju habitat bunga rafflesia itu, dari pusat kota sekitar 30 menit menggunakan sepeda motor dan 45 menit menggunakan mobil menuju Desa Batu Ampar.

Setelah itu, pengunjung berjalan kaki sekitar 1 jam menjelajah perkebunan warga dan lebatnya hutan Bukit Barisan untuk bisa menikmati keindahan bunga rafflesia.

“Di sekitar habitat bunga rafflesia juga dapat mengunjungi wisata Batu Balai dan Sungai Sempit Kancing. Habitat yang ada di Kecamatan Kedurang ini merupakan habitat terbaru yang ditemukan komunitas,” tutupnya.

Reporter: KM Bengkulu
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: