Dinas KUKM Kota Bogor Cari CSR untuk Bantu Biayai Pembelian Kios Bagi PKL Nyi Raja Permas

BOGOR (KM) Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Bogor Samson Purba (dok. KM)
BOGOR (KM) Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Bogor Samson Purba (dok. KM)

BOGOR (KM) – Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Bogor masih terus berupaya untuk mencarikan solusi bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Nyi Raja Permas Kota Bogor agar dapat menempati dan memiliki kios di Blok F Pasar Kebon Kembang.

“Solusi dan upaya terus kami lakukan agar semua PKL Nyi Raja Permas dapat masuk dan memiliki kios di Blok F (dengan) upaya menurunkan kembali nominal DP Rp20 juta yang sekarang ini ditetapkan untuk kios di Blok F,” ungkap Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Bogor Samson Purba saat ditemui kupasmerdeka.com, Senin 18/1.

“Kita ketahui nominal DP tersebut adalah ketentuan dari perbankan dalam proses kredit kepemilikan nantinya, namun kami juga menyadari kondisi dan keadaan PKL saat ini,” tambah Samson.

Samson juga mengatakan, sebagai tugas pihaknya dalam meningkatkan derajat PKL agar dapat memiliki kios yang lebih baik di Blok F, “maka segala upaya akan kami lakukan.”

“Ya contohnya, kami akan coba cari CSR-CSR yang berkenan dengan pembiayaan DP di Blok F tersebut, jika bisa dapat membiayai full atau berapa persennya, hingga berkurang dari nilai yang sekarang ini,” ujar Samson.

Advertisement

Pihaknya juga mengaku bahwa “sangat ditakutkan” jika tidak diupayakan PKL dapat memiliki kios di Blok F, maka akan ada broker atau pemilik modal yang mengambil kios-kios tersebut, yang pada akhirnya PKL tetap saja hanya sewa tempat.

“Ya kami tidak ingin PKL hanya terus saja sebagai penyewa tempat, jika kiosnya diambil atau dibeli yang mampu. Maka segala upaya akan kami lakukan untuk tetap mencari solusi agar proses PKL ke Blok F ini tidak memberatkan,” pungkas Samson.

Diketahui, program rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Koperasi dan UMKM, yang akan merelokasi PKL Jalan Nyi Raja Permas ke Blok F Pasar Kebon Kembang Kota Bogor menuai polemik perihal biaya DP kios yang dianggap memberatkan bagi PKL.

Reporter: ddy

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: