Perusahaan Laundry Rekanan Rumah Sakit Jabodetabek ini Diduga Buang Limbah ke Kali Melalui Pipa Tersembunyi

Lokasi Perusahaan CV. Saesar Pratama di Jalan Neman, Pengasinan, Rawa Lumbu, Kota Bekasi (dok. KM)
Lokasi Perusahaan CV. Saesar Pratama di Jalan Neman, Pengasinan, Rawa Lumbu, Kota Bekasi (dok. KM)

BEKASI (KM) – Pembuangan limbah industri secara sembarangan masih saja sering terjadi, tanpa memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan hidup. Diduga, salah satu pelaku nya adalah CV. Saesar Pratama, yang berlokasi di Jalan Neman Jaya RT 7 RW 18 No. 99 Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi.

Perusahaan yang bergerak di bidang laundry dan bekerjasama dengan Rumah Sakit se-Jabodetabek ini diduga tidak mengantongi izin pengelolaan instalasi limbah cair.

Menurut informasi sumber yang tidak bersedia namanya dipublikasikan, waktu menceritakan pengelolaan limbah kepada KM, Kamis 3/12 dirinya mengatakan bahwa selain tidak memiliki izin pengelolaan limbah, CV Saesar diduga tidak memiliki tempat pengolahan limbah B3.

Advertisement

“Karena limbah yang dibuang langsung ke kali Perumahan Narogong, untuk pembuangannya menggunakan pipa paralon tersembunyi yang terpasang melalui saluran di Jalan Barin Raya menuju kali Perumahan Narogong,” jelasnya.

Ia pun berharap adanya tindakan dari pihak aparat dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, agar bisa menindak tegas dugaan pencemaran lingkungan itu.

“Pengusaha tersebut telah melanggar Undang undang No. 32 Tahun 2009, tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang di Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Helvi ketika dimintai komentar nya terkait situasi tersebut, tidak memberikan jawaban.

Reporter: mon
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*